Dokter Tidak Hanya di RS: Daftar Gaji Dokter Perusahaan | Qerja

Tidak Hanya di RS: Daftar Gaji Dokter Perusahaan

Steffi Teowira, 4 years ago
Tidak Hanya di RS: Daftar Gaji Dokter Perusahaan

Dalam persepsi umum, seorang dokter jika tidak sedang duduk di belakang meja melakukan diagnosa, maka mungkin ia sedang bergegas menghampiri pasien di rumah sakit atau melakukan kunjungan rumah. Tapi seorang dokter tidak selalu bekerja di rumah sakit atau membuka klinik. Ada pula yang bekerja sebagai bagian dari tim medis sebuah korporasi.

Selayaknya dokter reguler yang bekerja di klinik, dokter perusahaan juga bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan dan perawatan bagi segenap staf perusahaan.

Namun lebih dari sekedar mengecek dan mengobati, masih ada sederet program dan kegiatan lain yang perlu dilakukan dokter perusahaan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja, sebagaimana diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Nomor KEP. 22/DJPPK/V/2008.

Dokter perusahaan bertugas melaksanakan program-program seperti inspeksi keamanan lingkungan kerja dan pemberian pelatihan P3K, perbaikan gizi tenaga kerja, hingga yang bersifat rehabilitatif seperti konsultasi psikologis dan terapi bagi pegawai yang mengalami kecelakaan kerja. Dokter perusahaan bisa dibilang cukup krusial dalam memastikan pegawai dan perusahaan senantiasa produktif dalam performa dan kinerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next