Ask the Expert: Ragu Mencari Pekerjaan Baru | Qerja

Ask the Expert: Ragu Untuk Mencari Pekerjaan Baru

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Ragu Untuk Mencari Pekerjaan Baru

“Saya karyawan usia 31 tahun dan sudah bekerja di perusahaan properti selama 3 tahun lebih sebagai staf finance and accounting, dan sebelumnya saya pernah bekerja sebagai staf IT. Selama 3 tahun, saya tidak mendapat promosi kerja dan kadang saya merasa jenuh.

Saya merasa nyaman kerja di sini tapi sejak pergantian manajer, banyak peraturan dan cara kerja berubah drastis serta kenaikan gaji yang tidak seperti biasanya. Berulang kali ada niat untuk resign tapi belum mendapat panggilan kerja. Apakah saya harus berani resign sekarang dan mencari kerjaan baru,  terutama karena usia saya sekarang sulit untuk bersaing dengan fresh graduate?” – Irwan


Hai Irwan,

Perubahan peraturan dan tata kerja perusahaan akibat pergantian manajemen adalah sesuatu yang lazim dan bisa terjadi di mana saja kamu bekerja. Faktor eksternal ini tidak bisa kamu kontrol, tapi kamu bisa menjadikannya peluang untuk bertumbuh.

Di awal, mungkin perubahaan ini akan membuat kamu kurang nyaman, tapi kamu perlu tetap terbuka dan bersedia untuk belajar. Setiap anggota baru atau peraturan baru akan membawa pelajaran atau pengalaman baru bagimu. Mungkin kamu diminta mengerjakan pekerjaan yang kamu tidak familiar sebelumnya atau jam kerjamu lebih panjang. Tapi percayalah kalau semua ini bisa kamu tuangkan ke dalam CV dan surat lamaranmu sebagai nilai plus.

Jangan cepat putus asa dulu jika belum dipanggil kerja. Coba analisa pengalaman dan keahlian yang kamu miliki dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu, periksa kembali CV-mu. Minimalisir penolakan dengan memperhatikan detail seperti penamaan perusahaan yang salah.

Jangan lupa untuk mencantumkan prestasimu selama bekerja karena sainganmu saat mencari pekerjaan baru bukan hanya fresh graduate, tapi juga kaum profesional dengan pengalaman serupa. Karena itu, poles CV-mu agar kamu pun menjadi kandidat yang menonjol.

 

 

 

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next