4 Pertimbangan Sebelum Memilih Co-Working Space | Qerja

4 Pertimbangan Sebelum Memilih Co-Working Space

Eka Utami, 4 years ago
4 Pertimbangan Sebelum Memilih Co-Working Space

Anda merasa beruntung menjadi freelancer yang selalu bekerja di rumah. Anda dapat mengatur jadwal kerja dengan fleksibel. Anda bisa duduk di depan laptop saat sedang bersemangat dan langsung tidur di kamar saat sudah mengantuk. Anda juga akan terhindar dari kemacetan di jalan yang akan membuat stres.

Namun, terkadang Anda ingin mengobrol dengan rekan kerja. Jika ingin merasakan suasana“kantor” sekali waktu, Anda bisa mencoba bekerja di co-working space. Di tempat ini, Anda akan bertemu freelancer lain atau para penggiat startup. Anda juga mendapat suasana kerja yang lebih segar sehingga tidak merasa suntuk di rumah.

Pengelola co-working space menawarkan sewa area kerja dan ruangan layaknya kantor. Mereka menyediakan fasilitas tempat duduk, meja, jaringan internet hingga kopi. Tempat ini lebih cocok untuk bekerja dibanding dengan kafe yang bising.  Namun, Anda harus memilih co-working space yang tepat. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih co-working space seperti dikutip dari usatoday.com.

Lokasi

Pilih co-working space yang tidak terlalu jauh dari rumah sehingga Anda tidak perlu terjebak kemacetan. Orang Amerika memilih co-working space yang berjarak 18 menit dari rumah. Selain itu, buat freelancer dengan budget terbatas sebaiknya pilih co-working space yang tidak mengenakan biaya parkir. Sebab mungkin Anda akan berada di tempat itu selama berjam-jam atau bahkan seharian.

Jangan lupa pilih lokasi co-working space yang dekat dengan restoran atau warung makan sehingga Sehingga Anda tidak perlu berpindah jauh saat tiba waktunya makan siang.

 

Fasilitas

Pengelola co-working space menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung pekerjaan Anda. Mulai dari kursi dan meja kantor, mesin printer dan faksimili, jaringan internet yang handal dan kopi yang bisa Anda seduh setiap saat. Beberapa co-working space di Jabodetabek bahkan menulis beberapa fasilitas seperti loker pribadi, kantor pribadi, ruang game, pantry, toilet hingga mushala yang membuat mereka lebih unggul dibandingkan tempat bekerja yang lain.

Sebelum memutuskan menjadi member co-working space, Anda bisa melakukan pengecekan kelaikan fasilitas di tempat tersebut dengan cara berikut:

Tempat duduk. Pastikan meja dan kursi tempat Anda bekerja ergonomis. Sehingga Anda nyaman untuk duduk dan melakukan berbagai pekerjaan. Sebab, Anda akan berada di kursi itu dalam waktu yang lama.

Jaringan internet. Tes keandalan jaringan internet yang ada di co-working space  Jangan sampai memilih tempat dengan jaringan internet yang buruk membuat kesal setiap kali berusaha sign in ke email atau membuka situs pencari..

Kopi. Sebagian pengelola co-working space hanya menawarkan air minum gratis. Namun ada pula co-working space yang menyediakan kopi yang bisa diseduh setiap saat untuk pemegang kartu anggora. Sehingga Anda tidak perlu membawa kopi dari Satrbucks.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next