4 Strategi Mengatur Jadwal Wawancara di Perusahaan Lain Selama Jam Kerja | Qerja

4 Strategi Mengatur Jadwal Wawancara di Perusahaan Lain Selama Jam Kerja

Qerja, 5 years ago
4 Strategi Mengatur Jadwal Wawancara di Perusahaan Lain Selama Jam Kerja
Siapa yang tidak senang mengetahui dirinya mendapat panggilan wawancara kerja? Belum lagi jika ternyata panggilan wawancara tersebut berasal dari perusahaan yang sudah lama Anda idamkan. Tapi bagaimana jika panggilan tersebut datang saat Anda masih berstatus sebagai karyawan di perusahaan lain?

Jangan gugup. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan saat membuat janji wawancara kerja di kantor lain saat masih jam kerja.

 
1. Jangan Berbicara di Dekat Rekan Kerja
Telepon panggilan kerja bisa masuk kapan saja, namun saat Anda sudah tahu bahwa pangilan telepon tersebut adalah dari perusahaan yang ingin merekrut Anda, segeralah menjauh dari meja kerja. Terlebih jika posisi duduk di kantor Anda sekarang saling berdekatan satu dengan yang lain.

Bukan hanya demi keleluasaan perbincangan Anda saja, tetapi juga demi kenyamanan posisi Anda di kantor sekarang. Bayangkan jika ada teman yang usil memberitahukan kepada atasan bahwa Anda tengah menerima tawaran dari perusahaan lain. Rasanya suasana di kantor pasca menerima panggilan kerja tersebut tidak akan senyaman biasanya.

 
2. Jangan Lupa Nego
Jangan langsung gugup dan mengiyakan semua permintaan untuk wawancara tersebut. Ingat, posisi Anda sekarang juga adalah karyawan di perusahaan lain, dan biasanya HRD di calon kantor baru Anda pun akan mengerti. Saat ditawarkan tanggal untuk datang melakukan wawancara, cocokkan dengan jadwal kegiatan Anda di kantor dan pastikan bahwa di tanggal dan hari tersebut Anda memang tidak memiliki deadline atau janji rapat dengan siapapun.

Jangan takut mengajukan alternatif hari lain atau jam lain jika memang Anda tidak bisa menyanggupi jadwal wawancara yang ditawarkan perusahaan baru.  

 
3. Jam Wawancara Paling Ideal
Biasanya, perusahaan menginginkan wawancara dilakukan di jam kerja normal. Namun jika status Anda masih pegawai di perusahaan lain, mereka biasanya lebih fleksibel untuk mengakomodasi jadwal sesuai dengan yang Anda bisa. Coba tawarkan jadwal wawancara di pagi hari, kalau bisa sedikit lebih pagi dari jam masuk di kantor Anda, sehingga Anda bisa menjalani wawancara menjelang ngantor. Minta izin ke atasan untuk masuk sedikit lebih siang, kalau perlu hari ini Anda kerja lembur lebih lama dari biasanya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next