Email Kantor di Luar Jam Kerja Mengganggu Pegawai | Qerja

Email Kantor di Luar Jam Kerja Mengganggu Pegawai

Eka Utami, 3 years ago
Email Kantor di Luar Jam Kerja Mengganggu Pegawai

Pada pertengahan tahun 2016 yang lalu, Pemerintah Prancis mengamandemen aturan ketenagakerjaan. Salah satu perubahan yang banyak dibicarakan adalah soal pengaturan pengiriman surat elektronik dari perusahaan kepada pegawai pada akhir pekan. Menurut huffingtonpost.com, Pemerintah Prancis akan meminta perusahaan -yang memiliki 50 orang pegawai atau lebih- untuk membatasi beban kerja di luar jam kerja, khususnya terkait teknologi digital.

Pemerintah Prancis mendapat banyak pertanyaan dan cibiran terkait kebijakan ini. Haruskah pemerintah melangkah sejauh itu untuk mengatur hubungan perusahaan dan karyawan? Pemerintah Prancis menjawab bahwa intervensi pemerintah memang dibutuhkan. Sebab masalah karyawan yang disebabkan koneksi tak terputus dengan perusahaan terus terjadi.

Pendapat Pemerintah Prancis dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Liuba Belkin dari Universitas Lehigh, William Becker dari Virginia Tech dan Samantha A. Conroy dari Universitas Colorado. Mereka mengadakan studi mengenai hubungan antara ekspektasi perusahaan tentang email pekerjaan setelah jam kerja dengan kelelahan emosional pegawai. Berikut beberapa poin dari hasil penelitian tersebut seperti dikutip dari phys.org.

 Ekspektasi Perusahaan

Budaya mengirim email setelah jam kerja diciptakan oleh manajer dan staf sendiri. Kebiasaan ini menjadi lumrah jika memang manajer terbiasa mengirim pesan di luar jam kerja dan pegawai tidak protes. Manajer berpikir para staf tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan. Sehingga mereka “mencuri” waktu luang karyawan di luar jam kerja.

Sementara itu, para pegawai tidak bisa melepaskan diri dari email perusahaan. Mereka serasa tidak mampu menekan tombol “tun off”. Pegawai yang ingin benar-benar memisahkan waktu kerja dan keluarga mengalami pergolakan batin yang lebih besar dibandingkan karyawan yang terbiasa mencampurkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Pada akhirnya hal ini akan mengarah padah stres kronis.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next