Ask the Expert: Loyalitas Versus Gaji Tinggi | Qerja

Ask the Expert: Loyalitas Versus Gaji Tinggi

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Loyalitas Versus Gaji Tinggi

“Apakah loyalitas adalah subjek terpenting dalam suatu pekerjaan? Apakah kita harus mementingkan loyalitas dibandingkan dengan kesempatan jabatan dan gaji yang lebih baik atau sebaliknya?

Pertimbangan apa saja yang harus saya pikirkan agar dapat mendapat keputusan yang terbaik jika saya diberi pilihan tersebut? Terima kasih atas perhatiannya.” – Wesley


Hai Wesley,

Untuk menjadi kandidat yang menonjol di mata rekruiter, kamu perlu memiliki sejumlah pencapaian dan prestasi di perusahaan lama dalam CV-mu. Tapi jika kamu tidak pernah bertahan lebih dari satu hingga satu setengah tahun di sebuah perusahaan, kecil kemungkinan kamu sempat meninggalkan kontribusi berarti di sana.

Perusahaan umumnya juga tidak terlalu tertarik untuk mempekerjakan pegawai kutu loncat, kecuali kamu bisa membuktikan bahwa kamu punya rekam jejak kontribusi luar biasa atau talenta yang kamu miliki cukup langka dan dicari-cari di pasaran kerja.

Pindah-pindah kerja dalam waktu singkat memang terkesan menggiurkan dengan adanya kesempatan naik gaji, tapi imbasnya kamu tidak sempat belajar banyak dan berujung hingga suatu hari, kariermu menjadi mandek. Dengan semakin ketatnya persaingan di masa depan, nilaimu di pasaran kerja berisiko turun bila perkembanganmu begitu-begitu saja.

Bila kamu mengincar kenaikan gaji yang konstan dalam perjalanan kariermu, kamu harus memastikan agar kinerja kerjamu selalu solid dan ada kontribusi nyata yang tampak saat penilaian performa kerja. Ditambah lagi, semakin tinggi jenjang kariermu, semakin penting pula reputasimu dalam lingkaran profesional. Karena itu, agar tidak hanya dikenal sebagai kutu loncat ketika kamu memutuskan pindah kerja, pastikan kamu telah memberi kontribusi maksimal dan etos kerjamu senantiasa cemerlang. Semoga berhasil.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next