Keterampilan yang Harus Dimiliki Manajer Media Sosial | Qerja

Keterampilan yang Harus Dimiliki Manajer Media Sosial

Eka Utami, 3 years ago
Keterampilan yang Harus Dimiliki Manajer Media Sosial

Banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk lebih dekat dengan pasar. Mereka menggunakan paltform ini untuk promosi dan menjawab keluhan pelanggan. Maka mereka memerlukan orang yang bisa mengurus media sosial dengan baik. Manajemen media sosial yang dimaksud bukan hanya sekadar mengunggah content marketing. Namun, pegawai yang menangani media sosial harus tahu bagaimana tulisan, gambar atau video harus berisi dan berdampak luas.

Perusahaan bisa saja mempekerjakan seorang manajer media sosial atau memanfaatkan pegawai lain yang mempunyai kemampuan menajemen akun Facebook, Twitter atau Instagram perusahaan. Sehingga kini banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk media social specialist, media social manager atau pegawai di divisi produksi, sumber daya manusia dan pelayanan konsumen yang menguasai media sosial. Berikut lima keterampilan yang harus dimiliki oleh manajer sosial media atau pegawai melakukan tugas terkait media sosial seperti dikutip dari Forbes.com.

Kemampuan grafis

Artikel yang menyertakan gambar lebih banyak dilihat orang daripada tulisan yang diunggah tanpa grafis sama sekali. Menurut penelitian, content foto di Facebook mendapat perhatian hingga 120 persen dibandingkan status biasa tanpa gambar. Selain itu status Twitter yang berupa gambar juga lebih banyak di-klik daripada tulisan sebanyak 140 karakter.

Content gambar pada media sosial sangat penting untuk perusahaan yang menjual jasa atau produk untuk konsumen wanita, generasi millennial dan remaja, content gambar. Perusahaan bisa menggunakan platform yang mengutamakn gambar seperti Pinterest dan Instagram untuk menyampaikan pesannya pada pelanggan. Manajer media sosial harus memastikan setiap gambar yang diunggah asli dan berkualitas tinggi.

Oleh karena itu, manajer media sosial dituntut untuk memiliki konsep, bisa mencari dan memilih gambar yang menarik untuk media sosial dan blog perusahaan. Manajer tidak harus ahli menggunakan aplikasi Photoshop. Tapi, manajer setidaknya harus memiliki mata yang bagus untuk melihat design, mencari foto dan mengedit gambar.

Bakat menulis

Manajer media sosial tidak harus mempunyai kemampuan menulis yang tinggi. Sebab dia tidak diminta untuk menulis blog dengan 500 kata. Namun, manajer media sosial harus bisa mengekspresikan pikiran dalam tulisan dengan tata bahasa yang baik. Karena dia harus berkomunikasi dengan pelanggan melalui tulisan setiap hari.

Jadi manajer media sosial harus bisa menyampaikan ide dalam tulisan, mempertahankan nada suara ketika menulis atas nama perusahaan. Mereka juga mesti bisa menyampaikan hal menarik tentang produk perusahaan. Manajer sosial media juga profesional dan menghindari kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Punya mindset untuk melayani konsumen



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next