Merekrut Pegawai dengan Kemampuan Menulis yang Baik | Qerja

Merekrut Pegawai dengan Kemampuan Menulis yang Baik

Eka Utami, 3 years ago
Merekrut Pegawai dengan Kemampuan Menulis yang Baik

Keahlian menulis adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan seseorang. Sebab pegawai seringkali harus membuat laporan dan  mengirim email kepada mitra kerja di perusahaan lain. Sebaiknya karyawan tidak melakukan kesalahan saat melakukan tugas ini.

Maka, perusahaan perlu merekrut pegawai dengan keterampilan menulis yang baik. Jika tidak, manajemen harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengirim pegawai untuk mengikuti sebuah pelatihan. Namun, ada cara lebih baik untuk mendapatkan pekerja yang bisa menulis dengan cakap. Berikut cara merekrut pegawai dengan kemampuan menulis yang baik seperti disarikan dari inc-asean.com dan kellyservices.us.

Menilai dari resume

Setiap calon pegawai harus menulis surat lamaran untuk mendapat pekerjaan. Anda bisa menilai kandidat yang tahu tetang tata bahasa yang baik dan pelamar lain yang tidak memperhatikan cara menyusun kata. Anda bisa melihat kemampuan menulis seseorang dari resumenya.

Tes menulis

Anda bisa mengadakan tes menulis untuk melihat kemampuan seseorang. Lakukan ujian mendadak ini pada saat sesi wawancara kerja. Dengan demikian, Anda bisa melihat bagaimana keahlian seseorang dalam menulis.

Pastikan tes menulis sesuai dengan tugas yang akan dikerjakan calon pegawai jika diterima kerja nanti. Kalau ingin merekrut seorang Public Relations Manajer, maka Anda bisa memintanya menulis contoh press release. Bila sedang melakukan ujian untuk calon Account Executive, maka Anda bisa meminta kandidat tersebut menyusun kata-kata untuk email yang akan dikirimkan kepada klien.

Meminta portofolio

Mungkin Anda tidak bisa meminta calon pegawai melampirkan contoh laporan atau naskah email yang pernah dibuat saat bekerja di perusahaan lain. Tapi, Anda boleh minta semua kandidat membuat satu contoh tulisan yang disertakan bersama surat lamaran. Anda bisa menentukan tema dan jenis tulisan yang sesuai dengan posisi yang dilamar oleh calon karyawan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami