Survei: Apakah Anda Bahagia Dengan Pekerjaan Anda? | Qerja

Survei: Apakah Anda Bahagia Dengan Pekerjaan Anda?

Steffi Teowira, 3 years ago
Survei: Apakah Anda Bahagia Dengan Pekerjaan Anda?

Umumnya ketika bicara tentang pengalaman bekerja, tidak banyak yang mengangkat kebahagiaan dan kepuasan sebagai tolak ukur sebuah pekerjaan yang dianggap ideal. Gaji wah, jabatan tinggi, atau prestise bekerja di perusahaan tertentu malah sering dijadikan parameter. Bahagia atau tidak, masalah belakangan.

Padahal kebahagiaan pegawai di tempat kerja seharusnya tidak diperlakukan sebagai sesuatu yang opsional, melainkan aspek penting yang patut dipertimbangkan karena berpotensi secara langsung mendongkrak produktivitas dan kesuksesan bisnis.

SURVEI: Apakah Anda bahagia dengan pekerjaan Anda?

Rating kebahagiaan kaum profesional

Robert Half, firma yang bergerak di bidang konsultasi SDM, baru-baru ini menerbitkan studi komprehensif terkait korelasi kebahagiaan pegawai dan struktur organisasi tempat mereka bekerja.

Studi yang melibatkan 12.000 pekerja di Amerika dan Kanada  menggunakan penilaian skor kebahagiaan 0 sampai 100 dan menemukan bahwa pegawai yang bekerja di perusahaan berskala kecil dengan staf di bawah 10 orang memiliki rating kebahagiaan sebesar 76. Sementara untuk mereka yang bekerja di perusahaan yang memiliki staf sejumlah 10 hingga 50 orang, memiliki rating kebahagiaan sebesar 72.

Semakin besar skala perusahaan tempat mereka bekerja, semakin kecil nilai kebahagiaan yang dilaporkan oleh responden. Pegawai di perusahaan dengan staf lebih dari 5.000 personil memiliki rating sekitar 67, nilai terendah dari seluruh grup responden.

Menurut hasil studi tersebut, kunci kaitan antara struktur organisasi dan kebahagiaan terletak di apresiasi terhadap pegawai. Pegawai yang merasa hasil kerjanya dihargai, keberadaannya diperlakukan dengan adil, dan dihormati memiliki skor kebahagiaan lebih tinggi. Selain itu, pegawai yang bangga dan memiliki rasa kepemilikan terhadap pekerjaan dan perusahaan mereka juga cenderung lebih bahagia.

Pegawai bahagia berefek positif bagi perusahaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next