Pekerjaan Berat Bisa Menyebabkan Wanita Sulit Hamil | Qerja

Pekerjaan Berat Bisa Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Eka Utami, 3 years ago
Pekerjaan Berat Bisa Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Wanita yang melakukan pekerjaan berat dan bekerja dalam waktu lebih lama bisa mengalami kesulitan hamil. Hal ini diungkapkan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Audrey J. Gaskins, dari Harvard T.H Chan School of Public Health di Boston. Hasil studi tersebut dipublikasikan di jurnal Occupational & Environmental Medicine.

Riset tersebut dilakukan terhadap 1739 wanita yang berusia sekitar 33 tahun. Mereka adalah pekerja yang ikut program keperawatan pada 2010-2014. Semua responden dalam penelitian ini sedang berusaha untuk hamil.

Tim peneliti memberikan pertanyaan tentang jadwal kerja dan pekerjaan fisik yang dijalani responden. Mereka memperbaharui penelitian setiap enam bulan untuk memperhitungkan lama waktu yang dibutuhkan untuk mereka bisa dibuahi.

Sebagai data awal, peneliti menemukan 44 persen wanita yang menjadi responden mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Selain itu, 22 persen perawat yang diteliti adalah perokok atau pernah merokok.

Responden yang ditanya mewakili berbagai variabel waktu kerja. Kebanyakan wanita tersebut hanya bekerja pada siang atau malam hari saja. Sementara 16 persen responden bekerja dengan sistem rotasi. Lebih dari 30 persen wanita dilaporkan bekerja lebih dari 8 jam sehari. Sementara 40 persen responden menyatakan mereka mendapat pekerjaan berat  lebih dari lima kali sehari.

Penelitian membuktikan kerja berat berpengaruh pada kesempatan hamil

Menurut medicalnewstoday.com, setelah penelitian dilakukan dalam waktu setahun, sekitar 16 persen responden tidak hamil. Sementara 5 persen lainnya tidak dibuahi selama lebih dari dua tahun. Mereka yang bekerja lebih dari 40 jam per minggu butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil dibandingkan dengan wanita yang bekerja selama 21-40 jam per pekan. Peneliti juga menemukan fakta wanita yang mengangkat beban berat 25 pound lebih dari 15 kali sehari juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuahi daripada pekerja wanita lain yang tidak mengangkat beban berat,



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next