Enam Resep Presentasi yang Sukses | Qerja

Enam Resep Presentasi yang Sukses

Qerja, 4 years ago
Enam Resep Presentasi yang Sukses

Baik presentasi saat rapat maupun pitching ide di hadapan klien potensial, beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda menjadi pembicara yang dapat menyampaikan informasi dengan lebih efektif.
  
1. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Jargon
Anda mungkin berpikir jargon dan kata-kata bersifat teknis dalam presentasi Anda mungkin terdengar cerdas dan kompleks, tapi kadang kala terlalu banyak malah berisiko membuat presentasi Anda menjadi kurang menarik, dan Anda pun akan kedengaran sombong. Jika Anda memilih menggunakan jargon, pastikan semua audiens Anda dapat mengerti dan sebisa mungkin gunakan kalimat simpel dengan penjelasan yang mudah dimengerti.

2. Bentuk Sebuah Narasi
Anda bisa menyelipkan angka dan stastistik untuk menyokong pesan yang ingin Anda sampaikan, namun agar presentasi mudah dicerna dan diingat, selalu ciptakan sebuah narasi sederhana berisi interpretasi Anda sendiri saat menjelaskan data kompleks. 

3. Jangan Lupa Jeda
Jeda singkat sebelum sebuah pernyataan akan membuat audiens menanti-nanti kalimat Anda selanjutnya dan memberi efek antisipasi positif. Sebaliknya, setelah memberikan sebuah pernyataan penting, jeda beberapa detik akan memberi mereka kesempatan untuk mencerna informasi tersebut. Manfaatkan jeda strategis saat Anda perlu audiens Anda untuk memberi perhatian sepenuhnya pada titik penting dalam presentasi.

4. Selipkan Gestur Dengan Strategis
Sama seperti jeda, Anda juga dapat menggunakan gerakan tangan untuk menandai titik penting dalam isi presentasi Anda. Anda juga tidak harus diam di tempat jika memberi presentasi sambil berdiri. Namun hati-hati dengan gerakan tubuh yang malah akan mengalihkan fokus audiens dari isi presentasi Anda, seperti terlalu sering menunduk untuk melihat catatan atau mengetuk-ngetukkan kaki dan jemari. Hal-hal ini malah akan membuat perhatian audiens terpecah.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next