Enam Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya | Qerja

Enam Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya

Qerja, 3 years ago
Enam Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya

Sifat dan karakter setiap atasan tentunya berbeda-beda, tergantung kepribadian masing-masing. Ada yang menyenangkan dan santai, ada juga yang galak dan bikin stress. Sebagai karyawan Anda harus mampu memahami karakter mereka sehingga bisa bekerja sama dengan baik.

Karakter seseorang biasanya diciptakan dari latar belakang keluarga, lingkungan dan juga pendidikan. Jadi Anda tidak perlu heran bila melihat ada bos dengan karakter keras dan perfeksionis karena dia terbiasa untuk diperlakukan keras dan perfeksionis sebelum mendapatkan jabatannya sekarang.

Berikut enam tipe bos yang menyebalkan dan strategi menghadapinya:


1. Bos Super Teliti

qc-jkt-2019

Kalau Anda termasuk karyawan yang ceroboh dan tidak hati-hati, maka siap-siaplah untuk kena tegur bos super teliti ini. Mereka akan mengecek pekerjaan Anda secara teliti dan sedikit kesalahan yang Anda buat, dia tidak akan kompromi. Misalnya saja Anda salah mengetik satu huruf saja di sebuah proposal, ini tak akan lolos dari pantauannya.

Solusi: Menghadapi bos super teliti sebenarnya bagus karena Anda akan didesak untuk teliti terhadap sesuatu. Sebaiknya sebelum menyerahkan laporan atau hasil kerja pada bos ini, cek dulu beberapa kali, dan pastikan tidak ada yang salah. Kalau perlu, minta rekan kerja Anda untuk ikut mengecek kalau-kalau Anda hal yang Anda lewatkan.


2. Bos Tukang Kritik

Ini masuk ke dalam tipe bos yang agak menyebalkan karena apa saja menjadi bahan kritiknya mulai dari hasil kerja, hingga cara berpakaian Anda. Sesempurna apa pun pekerjaan Anda, tetap saja mendapat kritik karena tidak ada yang sempurna di matanya.

Solusi: Sabar merupakan salah satu solusi meskipun Anda jadi tidak nyaman bersama si bos. Anda juga harus membuktikan bahwa Anda lebih baik daripada apa yang ia kritik, jadi pastikan semua pekerjaan Anda diselesaikan tepat waktu dengan sempurna sehingga tak ada celah baginya untuk mengkritik. Jangan sungkan bertanya dan meminta saran mengenai pekerjaan kepada si bos, sehingga ia nantinya tak akan bisa mengkritik karena saran tersebut datang darinya sendiri.


3. Bos Gila Jabatan

Bos bertipe ini sangat ambisius untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya dan akan mencoba segala cara termasuk memanipulasi para karyawan untuk meraih cita-citanya itu. Para karyawan harus bisa membuat si bos terlihat OK dan ia bahkan tak sungkan mengklaim pekerjaan yang berhasil sebagai kesuksesannya sendiri dan untuk kepentingannya sendiri.

Solusi: Jangan panik dulu. Bos tipe ini biasanya suka dipuji. Jadi sesekali tidak ada salahnya Anda menyanjung si bos, asal jangan terlalu berlebihan hingga menjilat. Jika memungkinkan, coba berinteraksi juga dengan atasan bos Anda. Perkenalkan diri Anda dan ngobrol sedikit untuk menyampaikan ide-ide Anda, misalnya. Jika si bos sering mencatut ide Anda kepada atasannya, pastikan atasannya tersebut tahu ide tersebut sebenarnya datang dari Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next