Enam Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya | Page 2 | Qerja

Enam Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya

Qerja, 4 years ago
Enam Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya


4. Bos Dengan Ide Non-Stop

Mungkin Anda pernah bertemu atau bekerja di bawah bos yang seperti ini. Dia paling suka memberikan ide dari mulai yang kecil hingga ide untuk proyek besar, dan langsung menugaskan karyawannya untuk menjalankan ide yang mungkin baru tiba-tiba ia pikirkan semenit sebelumnya. Punya banyak ide itu baik, namun yang mengesalkan adalah jika kebanyakan idenya bukan ide bagus, atau malah tak masuk akal, sehingga Anda yang harus jadi eksekutor proyek jadi direpotkan.

Solusi: Anda harus punya dasar kuat sebelum berargumen dengan bos ini. Jika ide tersebut tidak efektif atau tidak mungkin dilakukan, jangan sungkan untuk memberikan opini Anda. Jika bos tetap bersikukuh untuk menjalankan ide tersebut, coba riset sedikit dan cari data serta opini dari yang lebih ahli (bisa jadi dari rekan kerja Anda yang lebih berpengalaman soal hal itu), dan presentasikan kembali kepada atasan mengenai kenapa ini adalah ide yang kurang tepat. Jangan lupa berikan juga alternatif dan solusi yang lebih efektif sehingga Anda tak hanya akan menolak tugas tapi juga memberi masukan.


5. Bos Gila Kerja

qc-jkt-2019

Bos bertipe ini akan menghabiskan waktunya di kantor dan bekerja terus menerus. Yang menjadi masalah adalah jika dia juga sering meminta karyawan melakukan hal yang sama. Lembur dan telat pulang kerja akan selalu menjadi hal yang biasa bila bekerja di bawah bos workaholic ini.

 

Solusi: Anda tidak perlu mengikuti kebiasaan bos yang selalu pulang jam 9 malam karena Anda kan punya kehidupan lain selain kantor. Mungkin Anda harus jujur bahwa Anda tidak mau bekerja seperti robot. Buat alasan kalau Anda ingin menghasilkan pekerjaan dengan kualitas baik dan bekerja terus menerus justru akan membuat kinerja Anda menurun.


6. Bos Super Galak

Bos bertipe ini biasanya emosional dan tak sungkan menunjukkan kemarahannya pada karyawan meski harus membuat drama. Dia tidak segan berteriak dan memaki karyawan di depan umum dan membuat Anda malu. Tingkahnya kasar dan suka tidak bia diprediksi. Tipe bos seperti ini bisa bagus karena Anda jadi sangat berhati-hati tak melakukan kesalahan, tapi bisa juga justru membuat Anda sulit berkembang karena Anda takut melakukan apa pun. Sekali Anda berbuat salah, maka Anda harus siap menanggung risiko yang cukup membuat Anda bermimpi buruk.

Solusi: Berlatihlah agar tak memasukkan apapun yang dia katakan ke dalam hati. Jika Anda memang melakukan kesalahan, toh memang wajar bos marah. Cara marahnya yang mungkin berlebihan silakan abaikan saja dan tak perlu jadi bahan pikiran. Fokuskan diri Anda pada memperbaiki pekerjaan dan tak memberi si bos alasan untuk ngamuk lagi. Namun jika atasan killer ini sudah sampai tahap sering memaki Anda atau membawa-bawa hinaan pribadi yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan, jangan takut melaporkannya ke HRD agar segera ditindak.

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next