Ask the Expert: Cocoknya Kerja Apa Sambil Kuliah? | Qerja

Ask the Expert: Cocoknya Kerja Apa Sambil Kuliah?

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Cocoknya Kerja Apa Sambil Kuliah?

“Saya adalah mahasiswa tingkat akhir di politeknik jurusan teknik mesin. Baru-baru ini saya melamar beasiswa S1 ke Qatar, tapi ditolak karena mereka butuh bukti kewarganegaraan. Saya sempat kelas transfer dari D3 ke S1, tapi bentrok dengan jadwal tugas akhir nanti.

Setelah dipikir ulang, saya berpikir untuk bekerja dulu sambil menunggu kesempatan mengambil gelar S1. Saya masih dilema dengan pilihan yang ada. Saya bingung ingin mencari pekerjaan yang tepat untuk status saya sebagai fresh graduate yang masih harus sambil kuliah. Kira-kira apa saran Qerja?” – Tomas

 

Hai Tomas,

Anggaplah ketidakpastian dan kebingungan ini sebagai pintu terbuka untuk segala jenis peluang. Jika kamu belum tahu pasti ingin mengarah ke jalan karier mana, ajak bicara rekan atau kenalanmu yang sudah memasuki dunia kerja. Cari tahu kira-kira ada peluang apa yang sesuai dengan minatmu.

Peluang kariermu saat ini memang cukup terbatas, tapi ada juga perusahaan yang bersedia menerima pegawai yang belum lulus kuliah. Tanggung jawab kerjamu mungkin nanti tidak terlalu luas, tapi setidaknya, perusahaan tersebut bisa menawarkan fleksibilitas agar kamu dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Alternatif lain, coba melamar menjadi pegawai magang berbayar.

Yang penting kamu berusaha mengarahkan pencarian kerja agar tetap sesuai dengan passion. Pengalamanmu ini kelak bisa kamu tuangkan dalam esai ketika melamar beasiswa atau menulis cover letter.

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next