7 Rahasia Sukses Bekerja Sebagai Tim | Qerja

7 Rahasia Sukses Bekerja Sebagai Tim

Qerja, 5 years ago
7 Rahasia Sukses Bekerja Sebagai Tim

Sebagai karyawan, Anda tentu saja cukup sering mendengar istilah teamwork alias kerja tim. Namun harus bisa bekerja dalam tim itu tidak mudah. Semua orang punya sifat, ego, dan juga keinginan masing-masing. Dalam kerja tim, Anda diharap bisa mengontrol dan menyampingkan ego demi tercapainya tujuan yang diinginkan.

Nah, berikut tujuh hal yang perlu dilakukan oleh Anda dan rekan-rekan kerja untuk sukses bekerja dalam tim.


1. Mengetahui fokus dan tujuan proyek

Sangat penting untuk mengetahui fokus dan tujuan proyek yang mau dijalankan. Kedua hal ini akan menjadi panduan bagi anggota tim untuk lebih fokus dalam mencapai tujuan dan memenuhi ekspektasi perusahaan.

Tanpa mengetahui fokus dan tujuan proyek, bisa jadi anggota tim akan punya rencana masing-masing dan membuat strategi yang melenceng dari tujuan utama. Buntut-buntutnya, proyek yang ditugaskan kepada tim Anda akan terbengkalai.

 
2. Pembagian tugas yang jelas dan adil

Setelah mengetahui fokus dan tujuan, masing-masing anggota tim harus punya tugas dan peran yang jelas, sehingga tidak akan terjadi overlapping dalam tugas. Pastikan semua anggota tim mendapatkan peran yang sesuai dengan skill dan kapasitasnya, dan umumkan tugas masing-masing ke semua anggota sehingga mereka tahu siapa yang mengerjakan apa.

Selain pembagian tugas yang jelas, beban kerja juga diusahakan merata. Jangan sampai ada orang yang mendapatkan tugas atau peran lebih banyak atau lebih sedikit. Ketimpangan dalam pembagian kerja akan menimbulkan konflik antar anggota tim.


3. Pilih ketua tim

Tunjuk secara aklamasi siapa yang akan menjadi ketua atau pemimpin tim sehingga pekerjaan akan lebih terorganisir. Ketua tim haruslah mereka yang sabar, pintar mengatur, adil, mau menjelaskan dan siap mempertanggungjawabkan hasil kerja tim. Sementara anggota tim harus bisa menghormati pemimpin yang sudah dipilih dan percaya dengan arahannya,


4. Ciptakan peraturan dalam tim

Karena kerja tim melibatkan banyak orang yang memiliki pikiran dan keinginan berbeda, maka baiknya diciptakan sebuah peraturan atau kode etik yang harus dipatuhi semua anggota tim. Peraturan ini sangat berguna bila tim menghadapi msalah dan juga bisa menjadi pegangan untuk mencari solusi yang terbaik.


5. Libatkan senior sebagai pengawas



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next