Enam Waktu Terbaik Untuk Meminta Kenaikan Gaji | Qerja

Enam Waktu Terbaik Untuk Meminta Kenaikan Gaji

Qerja, 3 years ago
Enam Waktu Terbaik Untuk Meminta Kenaikan Gaji

Pembicaraan mengenai kenaikan gaji tergolong salah satu topik yang membuat pegawai merasa terintimidasi di tempat kerja, terutama karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah pemilihan waktu yang tepat. Dari jam berapa hingga momen-momen tertentu, persiapkan diri Anda untuk tujuh waktu paling cocok bicara gaji dengan atasan Anda ini.

1. Di Pagi Hari
Sebuah riset menunjukkan bahwa manusia cenderung mengambil keputusan lebih rasional dan etis di pagi hari karena belum terbebani banyak pilihan dan pikiran sepanjang hari. Jika Anda telah mengumpulkan data dan bukti bahwa Anda memang pantas mendapat kenaikan gaji, coba hampiri ruangan atasan Anda di pagi hari menuju siang agar permintaan Anda mendapat perhatian dan pertimbangan adil dari atasan.

2. Pilih Hari Yang Tepat
Tidak seperti primbon, belum ada yang tahu pasti hari apa yang paling baik untuk meminta kenaikan gaji. Ada yang merasa kalau akhir pekan, Kamis atau Jumat, adalah waktu yang cocok karena atasan cenderung ingin menutup minggu dengan membereskan semua keputusan dan negosiasi secara produktif. Ada juga yang berpendapat kalau awal minggu adalah waktu terbaik karena di akhir pekan, pikiran atasan Anda mungkin sudah di luar kantor dan permintaan Anda terancam tertunda tanpa kejelasan.

Jadi hari apa yang tepat? Pilihan terbaik bagi Anda adalah untuk mengamati keseharian di kantor dan memilih hari ketika tempat kerja Anda sedang tidak dikejar proyek dan suasana relatif rileks.

qc-jkt-2019

3. Saat Anda Baru Mencapai Prestasi
Jika baru-baru ini Anda membuktikan diri sebagai pegawai yang memberi kontribusi besar pada perusahaan seperti mendapatkan seorang klien berharga atau membantu perusahaan mencapai target, silakan rencanakan waktu untuk membicarakan tentang kompensasi moneter Anda. Agar lebih efektif, sebaiknya Anda meminta kenaikan gaji secara strategis, sekitar setahun sekali. Quality over quantity: jangan ragu untuk meminta lebih dan melakukan negosiasi jika diperlukan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next