Ketentuan Bekerja di Waktu Malam Bagi Karyawan Wanita | Qerja

Ketentuan Bekerja di Waktu Malam Bagi Karyawan Wanita

Qerja, 5 years ago
Ketentuan Bekerja di Waktu Malam Bagi Karyawan Wanita
Tidak semua profesi memiliki jam kerja yang normal. Beberapa bidang pekerjaan mengharuskan para karyawannya bekerja pada malam hari, khususnya di sektor pelayanan jasa 24 jam seperti bidang kesehatan, hiburan, dan pariwisata. Tuntutan bekerja malam ini tidak hanya diperuntukkan bagi para karyawan pria saja, tetapi juga bagi karyawan wanita. Namun, mempekerjakan karyawan wanita di malam hari tentunya meningkatkan berbagai risiko seperti risiko kesehatan, keamanan, dan juga kesusilaan. Hal-hal tersebut jelas perlu menjadi pertimbangan utama saat satu perusahaan memperkerjakan karyawan wanitanya pada malam hari.
Sayangnya belum banyak yang tahu bahwa Indonesia memiliki peraturan terkait berupa syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh satu perusahaan untuk mempekerjakan pegawai wanitanya hingga malam hari.
Berikut ulasan terkait Undang-Undang dan Peraturan yang mengatur kerja malam bagi karyawan wanita tersebut:
1. Pasal 77 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003
Menurut pasal 76 Undang-Undang No. 13 tahun 2003, pekerja perempuan yang berumur kurang dari 18 (delapan belas) tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00, yang artinya pekerja perempuan di atas 18 (delapan belas) tahun diperbolehkan bekerja shift malam (23.00 sampai 07.00).
Perusahaan juga dilarang mempekerjakan pekerja perempuan hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00.
2. Keputusan Menteri: Kep.224/Men/2003 tentang Kewajiban Pengusaha yang Mempekerjakan Pekerja Perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan 07.00.
Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00 wajib :
a. Memberikan makanan dan minuman bergizi
Makanan dan minuman yang bergizi harus sekurang-kurangnya memenuhi 1.400 kalori, harus bervariasi, bersih dan diberikan pada waktu istirahat antara jam kerja. Makanan dan minuman tidak dapat diganti dengan uang.
b. Menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja
Pengusaha wajib menjaga keamanan dan kesusilaan pekerja perempuan dengan menyediakan petugas keamanan di tempat kerja dan menyediakan kamar mandi yang layak dengan penerangan yang memadai serta terpisah antara pekerja perempuan dan laki-laki. Pengusaha juga diharuskan menyediakan antar jemput mulai dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya. Lokasi tempat penjemputan harus mudah dijangkau dan aman bagi pekerja perempuan.
Pelaksanaan pemberian makanan dan minuman bergizi, penjagaan kesusilaan, dan keamanan selama di tempat kerja serta penyediaan angkutan antar jemput diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama.
Bagaimana? Apakah perusahaan Anda sudah memenuhi semua persyaratan yang disebutkan di atas saat memperkerjakan karyawan wanita di malam hari? Semoga sudah, ya. Atau jika memang Anda akan bekerja di perusahaan yang akan memperkerjakan Anda di malam hari, sebaiknya baca dengan saksama perjanjian yang perusahaan ajukan saat mereka meminta Anda untuk bekerja di malam hari.
BACA JUGA:


Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next