6 Cara Tetap Positif Jika Tidak Kunjung Mendapat Pekerjaan | Qerja

6 Cara Tetap Positif Jika Tidak Kunjung Mendapat Pekerjaan

Qerja, 4 years ago
6 Cara Tetap Positif Jika Tidak Kunjung Mendapat Pekerjaan

Kami tahu Anda telah berusaha 100, 110, bahkan 200 persen dalam pencarian kerja Anda. Anda telah berulang-ulang memeriksa CV, cover letter, dan mempelajari etiket mengenai pencarian kerja. Jika Anda sedang down karena pencarian kerja yang tidak kunjung berakhir, coba praktikkan enam tips di bawah ini untuk tetap positif ketika Anda tidak juga mendapatkan pekerjaan.

1. Jangan Menjatuhkan Kepercayaan Diri

Kadang kala, perkara diterima kerja atau tidak terletak pada hal kecil yang berada di luar kendali Anda, seperti misalnya kecocokan dengan budaya kerja perusahaan atau semata karena perusahaan menemukan kandidat dengan keahlian atau pengalaman yang lebih cocok untuk posisi tersebut dari yang Anda miliki. Ketika kondisi ekonomi kurang kondusif dan pasaran kerja sedang dingin, tidak ada yang pasti, dan sudah jelas ini bukan kesalahan Anda. Alih-alih fokus terhadap kegagalan, selalu berpegang pada keberhasilan Anda untuk sampai di titik Anda saat ini agar Anda tidak merasa terpuruk.

2. Stop Membandingkan Diri

Setiap individu punya perjalanannya masing-masing. Rasanya memang berat jika Anda merasa tidak kunjung ‘terbang’ sementara orang-orang di sekeliling Anda sudah mulai sibuk membangun perjalanan karir masing-masing. Namun percayalah bahwa waktu Anda bukan tidak tiba, tapi belum tiba. Anda boleh saja menjadikan kesuksesan rekan Anda di dunia kerja sebagai motivasi, tapi jangan menghabiskan waktu dan tenaga Anda untuk bertopang dagu dan merasa kecil hati karenanya.

3. Jangan Lupa Untuk ‘Hidup’

Dengan berlimpahnya waktu luang, Anda mungkin tergoda untuk menjadikan setiap hari seperti hari libur dengan berkeliling rumah dalam piyama Anda dan berdiam di dalam kamar. Pola pikir adalah salah satu hal terpenting ketika Anda butuh suntikan semangat, jadi selalu pertahankan jadwal bangun pagi, makan, dan kebiasaan higienis Anda agar Anda tetap siap secara fisik dan mental. Sembari Anda menunggu…

4. Isi Waktu Anda Dengan Produktif

Banyak waktu luang? Coba baca buku-buku, pelajari keahlian baru, daftarkan diri untuk menjadi pegawai suka rela, atau bergabung dengan organisasi. Selain meningkatkan nilai Anda di pasaran kerja, kegiatan-kegiatan positif ini juga berguna untuk mengalihkan perhatian Anda sejenak dari kepenatan menunggu panggilan kerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next