Ask the Expert: Bawahan Melangkahi Otoritas Atasan | Qerja

Ask the Expert: Bawahan Melangkahi Otoritas Atasan

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Bawahan Melangkahi Otoritas Atasan

“Saya memiliki bawahan yang keras kepala dan merasa paling pintar sendiri. Rumitnya lagi, bos saya sering bypass langsung ke bawahan saya itu, sehingga saya merasa tidak punya otoritas sebagai atasan. Mohon nasehatnya.” – Riko


Hai Riko,

Coba berpikir positif. Asumsikan saja kalau bawahanmu ini lebih kreatif dan proaktif terhadap kebutuhan bosmu, sehingga bosmu lebih kenal dan ingat bawahanmu. Jadi ketika bosmu butuh sesuatu, ia cenderung langsung mencari si bawahan ini. Kalau memang begitu, kamu perlu instrospeksi diri. Tawarkan bantuanmu langsung jika ada proyek yang dicetuskan oleh bos atau ajukan sendiri ide-ide proyek kepada beliau agar namamu juga diingat.

Sebagai atasan, kamu bisa bicara dengan bawahanmu itu kalau dia memang benar-benar keras kepala. Pastikan ia paham tata cara melakukan pekerjaannya jika kamu yakin caranya kurang tepat. Alih-alih berkompetisi dengannya, cobalah berkolaborasi.

Walau begitu, kamu harus tetap adil. Jika bawahanmu itu memang berprestasi atau memiliki ide yang bagus, silahkan dipuji dan pastikan kolega lain tahu itu adalah idenya. Hanya karena dia adalah bawahan, bukan berarti kamu berhak menekannya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami