6 Bantuan Finansial di Luar Gaji yang Diberikan Perusahaan pada Karyawannya | Qerja

6 Bantuan Finansial di Luar Gaji yang Diberikan Perusahaan pada Karyawannya

Qerja, 5 years ago
6 Bantuan Finansial di Luar Gaji yang Diberikan Perusahaan pada Karyawannya

Karyawan tak hanya berhak mendapatkan gaji. Di beberapa perusahaan pegawainya juga mendapatkan berbagai fasilitas menguntungkan seperti bantuan finansial untuk membiayai kebutuhan hidup.

That’s right! Jika Anda bekerja di perusahaan yang peduli kesejahteraan karyawannya, mereka biasanya sudah memiliki aturan khusus yang membahas tentang berbagai fasilitas yang diharapkan bisa memupuk loyalitas karyawan, sekaligus membuat semangat bekerja menjadi lebih tinggi karena timbulnya sense of belonging.

Berikut ini enam bantuan finansial yang diberikan perusahaan pada karyawannya.


1. Pembelian Rumah

Siapa sih yang tidak mau mempunyai rumah sendiri? Daripada uang habis untuk membayar sewa apartemen atau rumah kontrakan, lebih baik memang dipakai untuk mencicil rumah. Sayang, tidak semua karyawan mampu melakukannya. Apalagi harga rumah kini sudah sangat tinggi.

Beberapa perusahaan biasanya akan membantu karyawan dengan cara merekomendasikan karyawan tersebut ke bank untuk mendapatkan kredit pembelian rumah (KPR). Surat ini cukup “sakti” karena pihak bank akan yakin bahwa calon penerima KPR bekerja dan bisa melunasi cicilan rumah.

Bahkan sejumlah perusahaan besar juga membantu pembelian rumah dengan memberikan uang muka atau membelikan rumah langsung untuk karyawan, kemudian karyawan bisa melunasinya dengan bunga yang lebih kecil dari bank. Asyik, kan?

Selain pembelian rumah, kantor juga terkadang menyediakan dana untuk renovasi rumah karyawannya.


2. Pembelian Kendaraan

Karyawan juga dapat membeli mobil atau motor dengan difasilitasi perusahaan. Uang mukanya akan dibayar oleh perusahaan, sementara karyawan akan mencicil dengan cara pemotongan gaji setiap bulannya.

Biasanya fasilitas pembelian mobil diberikan kepada karyawan yang posisinya manajer ke atas.

Pembelian kendaraan akan lebih mudah dilakukan sang karyawan apabila perusahaan punya kerja sama dengan dealer mobil atau motor tertentu. Jadi, selain diskon, karyawan juga mendapatkan cicilan bunga yang cukup terjangkau.


3. Sarana Olahraga 

Olahraga sangat penting untuk membuat para karyawan fit dan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, banyak perusahaan memberikan fasilitas gratis di pusat kebugaran tertentu sehingga karyawan bisa mempertahankan kebugaran tubuhnya.

Kantor akan membayar iuran bulanan si karyawan di pusat kebugaran itu, termasuk juga mendorong karyawan untuk rajin berolahraga. Buat mereka yang peduli kesehatan dan hobi olah raga, fasilitas gratis ini tentu tidak akan terlewatkan begitu saja.


4. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next