Pahami Aturan Menggunakan Media Sosial di Dunia Kerja | Qerja

Pahami Aturan Menggunakan Media Sosial di Dunia Kerja

Steffi Teowira, 3 years ago
Pahami Aturan Menggunakan Media Sosial di Dunia Kerja

Untuk menjaga tali komunikasi dengan konsumen dan memupuk rasa kepemilikan antara pegawai, pemakaian sosial media (sosmed) sebagai media mengekspresikan diri pun semakin lama semakin diterima di lingkungan profesional. Sejumlah perusahaan bahkan mendukung pegawainya untuk terbuka mengasosiasikan diri dengan brand-nya melalui postingan atau cuitan terkait perusahaan.

Di sisi lain, karena pihak pemilik bisnis juga memiliki kepentingan untuk menjaga tampilan citra mereka di mata publik, tidak heran jika pergerakan pegawai di internet pun harus diatur dalam peraturan perusahaan. Seorang karyawan bahkan bisa dipecat jika satu kalimat yang dicetuskannya di media sosial melanggar kode etik perusahaan.

Mengapa begitu ekstrim?

Ketika Anda menandatangani kontrak untuk bekerja di sebuah perusahaan, Anda secara tidak langsung juga setuju menjadi bagian dari “wajah” perusahaan tersebut. Apapun yang Anda katakan dan lakukan di dunia maya dengan begitu pun berpotensi merefleksikan budaya dan nilai-nilai yang dipegang perusahaan. Pemilik bisnis tentu tidak bisa membiarkan image negatif mewarnai persepsi konsumen.

Mungkin tempat Anda bekerja belum memperpanjang pengawasan hingga ke aktivitas online Anda. Namun bila Anda secara terbuka mengaitkan diri dengan perusahaan tempat kerja di berbagai media sosial, lebih baik pahami dulu sejumlah etika menggunakan sosial media agar tidak tersandung masalah di masa depan.

1. Jaga rahasia perusahaan

Jangan pernah mengunduh atau membuat konten sosial media yang berhubungan dengan informasi rahasia perusahaan seperti rencana desain, detail operasional internal, atau permasalahan hukum. Di banyak perusahaan, pelanggaran yang satu ini bisa berakibat pemutusan hubungan kerja bahkan penuntutan hukum.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next