Alasan untuk Tetap Menyimpan Gaji di Bank | Qerja

Alasan untuk Tetap Menyimpan Gaji di Bank

Eka Utami, 4 years ago
Alasan untuk Tetap Menyimpan Gaji di Bank

Apa yang akan Anda lakukan pada hari gajian bulan ini? Apakah Anda akan melakukan rutinitas menabung, investasi, membayar tagihan dan belanja bulanan seperti biasa? Atau Anda akan ikut-ikutan gerakan rush money dengan menguras isi rekening?

Isu rush money merebak di kalangan masyarakat selama dua pekan terakhir. Pencetus gerakan ini mengajak masyarakat untuk mengambil uang besar-besaran dari perbankan pada tanggal 25 November 2016. Aksi tersebut dikaitkan rencana aksi demonstrasi kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pemerintah berharap masyarakat tidak terprovokasi dan ikut gerakan penarikan uang yang dilakukan secara besar-besaran. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengatakan pada kompas.com bahwa aksi rush money bisa merusak perekonomian. Dia menambahkan kalau stabilisasi dari sektor keuangan sangat berhubungan erat dengan upaya pemerintah menciptakan lapangan kerja hingga mengentaskan kemiskinan.

Pihak kepolisian pun menghimbau nasabah bank untuk tidak ikut aksi rush money. Menurut Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Polri Brigjen Agung Setya, sebenarnya tindakan mengambil uang besar-besaran dari bank justru akan merugikan diri sendiri. “Kondisi perbankan saat ini baik dan bagus-bagusnya,” kata Agung kepada kompas.com.

Jadi, daripada mengambil semua uang di bank dan menyimpannya di bawah bantal, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk ikut gerakan rush money. Sebab, menyembunyikan uang di dalam rumah mungkin adalah salah satu hal terburuk yang pernah Anda lakukan. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus tetap menyimpan uang di bank seperti dikutip dari usnews.com.

Bunga dan inflasi

Jika menyimpan uang di rumah, maka Anda tidak akan mendapat keuntungan bunga dan inflasi akan menggerus nilai uang. Memang, bunga tabungan selalu lebih kecil dari inflasi. Tapi, setidaknya Anda tidak kehilangan nilai uang terlalu banyak di masa mendatang.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next