Lima Profesi yang Berhubungan Dengan Dunia Mistis | Qerja

Lima Profesi yang Berhubungan Dengan Dunia Mistis

Qerja, 3 years ago
Lima Profesi yang Berhubungan Dengan Dunia Mistis

Menyebut kata mistis, biasanya yang muncul adalah hal-hal bersifat paranormal yang cenderung berkonotasi negatif. Meski sering dianggap tak masuk akal, segala hal yang berbau klenik ini masih dipercaya oleh banyak penduduk Indonesia, terutama di desa-desa dan di kalangan kaum yang kurang berpendidikan.

Oleh karena itu, tak heran jika di Indonesia, profesi yang berhubungan dengan klenik sudah ada sejak jaman dahulu kala dan hingga saat ini pun masih sangat populer.

Qerja mengumpulkan lima profesi yang berhubungan dengan dunia mistis dan hingga kini masih mudah dijumpai di masyarakat. Penasaran? Silakan disimak.


1. Dukun

Masyarakat sering menyebut dukun dengan istilah ‘orang pinter’ yaitu orang yang mengklaim bisa menyembuhkan, mencari tahu sesuatu, mengusir roh-roh jahat, hingga membuat ramuan obat. Pokoknya all in.

Meskipun profesi ini terkesan tidak masuk akal dan rentan jadi ajang penipuan, masih banyak orang yang percaya dengan dukun, termasuk orang-orang yang berpendidikan tinggi misalnya para anggota DPR.

Menariknya lagi, tidak sulit menemukan dukun. Jasa mereka sering dipromosikan lewat jalur iklan online dan bahkan membayar iklan di media massa. Para dukun masa kini juga tampil bak eksekutif muda yang berjas, rapi, dan wangi. Berbeda dengan sebelumnya, di mana sosok dukun terkesan kotor, menyeramkan dan berbau menyan.


2. Guru spiritual

Profesi ini berbeda dengan dukun karena seorang guru spiritual tidak membuka praktik melayani masyarakat umum. Ia hanya menerima seseorang yang ingin belajar ilmu spiritual dan kebatinan.

Mencari guru spiritual tidak gampang karena setiap guru memiliki kriteria pemilihan muridnya. Malah ada juga calon murid yang harus menjalani ritual seperti puasa atau bertapa untuk bisa diterima berguru.


3. Penasihat Spiritual

Profesi ini memiliki tugas melayani orang lain dengan cara memberikan bimbingan spiritual. Pengguna jasa penasehat spiritual adalah mereka yang membutuhkan nasihat dalam menjalani hidup termasuk juga ketenangan.

Saat seseorang minta bantuan untuk menjalani suatu hal atau keputusan, penasehat spiritual akan menjalankan “penerawangan” apakah keputusan itu akan baik atau tidak. Penasehat spiritual kadang juga dipakai untuk mencari tahu soal jodoh, bisnis, bahkan politik.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next