4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Kembali Ke Pekerjaan Lama | Qerja

4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Kembali Ke Pekerjaan Lama

Qerja, 5 years ago
4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Kembali Ke Pekerjaan Lama

Suatu hari, Anda dihubungi oleh atasan lama Anda dan setelah berbincang-bincang, beliau menawarkan agar Anda kembali bekerja di kantor lama, di perusahaan tempat dulu Anda pernah bekerja. Mungkin juga Anda sendiri sedang menimbang-nimbang untuk kembali. Tapi, apa saja yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengiyakan tawaran atau melayangkan surat lamaran ke perusahaan lama?

1. Pikirkan Alasan Anda Keluar Dari Perusahaan Tersebut

Kecuali Anda dulu keluar karena alasan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan, coba Anda pikirkan kembali sebetulnya mengapa dulu Anda berhenti. Apakah karena konflik dengan kolega? Atau ketidakcocokan dengan manajer? Atau mungkin karena terbentur budaya kerja tidak ideal? Anda perlu memastikan sebelumnya kalau Anda tidak akan menghadapi permasalahan sama, atau setidaknya jika Anda benar-benar berniat kembali, Anda tidak keberatan mengambil risiko tersebut.

2. Pikirkan Alasan Anda Ingin Kembali

Mungkinkah Anda merasa kecil hati karena tidak kunjung mendapat pekerjaan atau merasa kurang percaya diri di perusahaan baru? Lantas, apakah dengan kembali, Anda akan berkembang dari berbagai segi atau malah mundur beberapa langkah dalam jenjang karir? Pastikan Anda mantap kembali dengan alasan tepat yang mendukung perjalanan karir Anda.

3. Lakukan Riset

Seperti ketika baru memulai kerja pertama kali, lakukan riset mengenai perusahaan tersebut agar Anda ter-update mengenai perubahan-perubahan yang terjadi setelah Anda resign, misalnya jika ada restrukturisasi atau perubahan aturan perusahaan. Jika memungkinkan dan memiliki hubungan baik dengan rekan kerja, cari tahu bila ada perubahan signifikan dalam perusahaan yang berkemungkinan mempengaruhi kinerja kerja Anda nantinya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next