Tujuh Motivasi dalam Pekerjaan. Yang Mana Motivasi Anda? | Qerja

Tujuh Motivasi dalam Pekerjaan. Yang Mana Motivasi Anda?

Qerja, 5 years ago
Tujuh Motivasi dalam Pekerjaan. Yang Mana Motivasi Anda?

Tanpa motivasi yang tepat, akan sulit bagi Anda untuk menikmati pekerjaan dan fokus menjalani tugas dengan hasil terbaik. Motivasi jugalah yang akan membantu Anda untuk bersaing dengan rekan kerja dan kompetitor. Setiap tahun, ada ribuan orang baru yang muncul di dunia kerja dan semuanya memiliki ilmu dan semangat tinggi. Tanpa motivasi kerja, mustahil bagi seorang karyawan untuk bertahan dan bisa sukses dalam karirnya.

Berikut tujuh motivasi utama yang digunakan banyak orang untuk memecut semangat bekerjanya. Yang mana motivas Anda?


1. Penghasilan

Mendapatkan penghasilan merupakan motivasi utama seseorang dalam bekerja. Kebutuhan hidup yang banyak dan tuntutan keinginan menyebabkan seseorang rela banting tulang tak peduli siang atau malam. Meskipun demikian, harus diakui kalau karyawan dengan motivasi ini akan mengalami kehidupan yang monoton di kantor karena bekerja untuk mengharapkan gaji semata tanpa menikmati pekerjaan. Jangan-jangan, yang dipedulikan setiap hari hanyalah menghitung mundur sampai tanggal gajian.


2. Status

Jangan salah, status seseorang yang merupakan karyawan swasta di sebuah perusahan multinasional akan lebih keren ketimbang mereka yang masih jobless alias menganggur. Hingga saat ini, orang Indonesia masih memasukkan pekerjaan sebagai status penting seseorang. Makin hebat suatu pekerjaaan yang diemban, maka makin prestisius orang tersebut.


3. Target Karir

Ada juga karyawan yang punya cita-cita untuk mencapai level atau titik tertentu dalam karirnya, misalnya menjadi CEO atau membangun perusahaan sendiri, sehingga dia akan ambisius dalam mencapai tempat tertinggi tersebut. Tidak heran jika dia akan bekerja dengan baik dan melebihi target demi mengincar posisi idaman.

Karyawan dengan motivasi ini juga akan selalu meningkatkan kemampuan diri dengan belajar terus menerus dalam hal bisnis, skill, komunikasi, manajemen, leadership, hingga tata kelola keuangan. Namun hati-hati, jangan sampai ambisi Anda mencapai kesuksesan karir ini membuat Anda menghalalkan segala cara.


4. Batu loncatan

 

Terkadang suatu pekerjaan dianggap tidak cocok dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman, sehingga pekerjaan sekarang dianggap batu loncatan semata untuk mendapatkan karir yang lebih baik di bidang lain.

Ini merupakan motivasi seseorang bekerja bila kebetulan dia belum mendapatkan pekerjaan idaman di bidang yang ia minati atau di perusahaan yang ia incar, dan menjadikan tempat sekarang sebagai alternatif sekaligus tempat belajar sampai mendapatkan tempat kerja yang diinginkan.


5. Mencari pengalaman

Mereka yang baru lulus alias fresh graduate akan menggunakan alasan ini sebagai motivasi utama. Bekerja di bidang apa pun oke saja, selama mereka bisa bekerja dan mendapatkan pengalaman untuk mempercantik CV mereka. Soal posisi dan gaji akan menjadi hal yang tidak begitu penting karena mereka yakin bisa mengejar karir dan gaji yang lebih baik di tempat lain setelah pengalaman mereka cukup banyak.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next