Bolehkah Suami Istri Bekerja di Tempat Yang Sama? | Qerja

Bolehkah Suami Istri Bekerja di Kantor Yang Sama?

Steffi Teowira, 3 years ago
Bolehkah Suami Istri Bekerja di Kantor Yang Sama?

Rata-rata pasangan suami istri tentu berharap selalu akur dan sejalan, dalam sakit maupun sehat, senang maupun susah. Menjaga keseimbangan ini di ranah hidup pribadi sudah cukup sulit, apalagi jika ditambah dengan tantangan bekerja bersama dengan pasangan.

Beberapa perusahaan mengidentifikasi adanya potensi konflik dari keberadaan suami istri di tempat kerja yang sama. Kedekatan mereka dianggap berisiko mengganggu performa kerja sehingga muncul larangan pasangan suami istri bekerja di satu kantor.

Mengapa pasangan dilarang bekerja bersama?

Terkait pasangan suami istri yang bekerja di satu tempat yang sama, negara sebetulnya tidak menyatakan larangan atau izin secara eksplisit. Dalam UU Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Ketenagakerjaan pasal 153 ayat (1) f dinyatakan bahwa pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pekerja mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkawinan dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan, kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.

Dengan begitu, pada dasarnya perusahaan memiliki kuasa penuh untuk menentukan boleh tidaknya sepasang suami istri bekerja berdampingan asal sebelumnya sudah ditetapkan dalam kontrak kerja atau peraturan perusahaan.

Anda yang berencana akan menikah dalam waktu dekat atau melamar kerja ke perusahaan tempat pasangan bekerja silahkan terlebih dulu mengecek peraturan perusahaan mengenai topik ini karena masing-masing perusahaan memiliki pandangan berbeda. Kalaupun diperbolehkan, pasangan bisa jadi tidak diizinkan bekerja dalam departemen atau divisi yang sama. Ancaman mutasi pun kadang muncul jika peraturan ini dilanggar.

Umumnya hal ini muncul sebagai pencegahan adanya perlakuan khusus atau tindakan nepotisme, apalagi jika salah satu pasangan berstatus senior. Selain itu, sentimen dari konflik pribadi mereka di rumah dikhawatirkan bisa terbawa ke tempat kerja sehingga merusak suasana profesional di kantor.

Fakta dan etika pasangan bekerja di satu perusahaan

Dari hasil riset yang diterbitkan di Journal of Occupational Health Psychology, ditemukan bahwa suami istri yang bekerja bersama melaporkan kepuasan lebih tinggi di segi work life balance dan kebahagiaan personal serta profesional.

Salah satu alasannya adalah karena dibanding dengan pasangan yang tidak bekerja di tempat yang sama, pasangan suami istri ini lebih paham mengenai tekanan atau masalah yang dihadapi masing-masing di tempat kerja sehingga mereka bisa saling mendukung. Lebih lagi, mereka juga punya waktu ekstra untuk bertatap muka sepanjang pekan. Pegawai yang bahagia juga cenderung jauh lebih produktif saat bekerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next