Ask the Expert: Kesulitan Mengemban Tanggung Jawab Baru | Qerja

Ask the Expert: Kesulitan Mengemban Tanggung Jawab Baru

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Kesulitan Mengemban Tanggung Jawab Baru

“Akhir Desember lalu, saya mendapat kesempatan bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan saya di akuntansi dan pajak. Satu bulan pertama, saya senang bisa mendalami ilmu kerja dengan senior. Namun di bulan kedua saya dipindahkan ke kantor lebih kecil di bidang perusahaan berbeda.

Saya bingung karena di situ saya diminta melakukan pekerjaan seorang manajer dengan bekal pengalaman yang hanya satu bulan. Lebih lagi, semuanya manual dan saya dituntut membuat SOP baru karena sistem administrasinya berantakan. Susah untuk bertanya pada rekan lain karena tidak ada yang mengerti soal laporan keuangan. Saya juga kesulitan bertanya pada atasan dan senior saya dulu. Saya benar-benar sendiri di departemen ini. Mohon sarannya.” – Nila

 


Hai Nila,

Bicarakan masalah ini pada atasanmu saat ini. Sampaikan bahwa pengalaman yang kamu miliki masih terbatas dan butuh panduan. Kamu sendiri juga harus proaktif, misalnya dengan bertanya pada teman sejawat, anggota departemen lama kamu, atau bahkan departemen lain. Walau spesifikasi bisnis atau kata kuncinya berbeda, tapi dasarnya masih sama: tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan laporan datanya akurat.

Kamu juga bisa mencari informasi tambahan dari Google dengan menggunakan kata kunci tertentu seperti “SOP untuk admin” atau “SOP untuk akuntansi” dan lainnya. Berbekal ilmu ini, kamu kemudian bisa memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan departemen dan bisnismu.

Tentu saja tugasmu akan lebih mudah jika kamu mendapat bimbingan, namun dengan menunjukkan kegigihan dan inisiatif sendiri, atasanmu pasti juga akan terkesan. Terlebih lagi, memegang sesuatu yang baru memang rasanya menakutkan. Tapi jika kamu berhasil mengatasinya, hal ini bisa menjadi pengalaman berharga. Yakinlah kalau kamu akan menjadi lebih kuat dan belajar jauh lebih banyak nantinya.

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next