Ask the Expert: Wiraswasta atau Kerja Kantor? | Qerja

Ask the Expert: Wiraswasta atau Kerja Kantor?

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Wiraswasta atau Kerja Kantor?

“Saya sedang mengalami dilema memilih antara berkarier di jalur wiraswasta atau menjadi karyawan. Ibu saya juga tidak merestui saya berwirausaha dan selalu mendorong saya untuk melamar kerja di perusahaan. 

Saya sendiri bingung karena jika memilih berwirausaha, saya akan terbentur kekurangan modal, sulit mendapat penjualan, kurang pengalaman dan pengetahuan, risiko ditanggung sendiri, dan susah mendapat jodoh. Di sisi lain, jika memilih menjadi karyawan, saya menemui kendala seperti berkutat pada pekerjaan yang sama setiap hari, terikat rutinitas dan peraturan ketat, dan tidak bisa mengatur harga barang dan jasa sendiri. Apa yang harus saya lakukan?” – Dwi


Hai Dwi,

Jika kamu memiliki passion yang kuat untuk menjadi seorang wirausahawan, silahkan kejar impianmu. Tapi untuk menjadi seorang pelaku bisnis yang sukses, kamu perlu memastikan produk dan jasa yang kamu tawarkan nanti bisa bersaing di antara kompetitor yang menawarkan hal yang sama. Selain itu, masalah timing yang tepat juga perlu menjadi pertimbangan.

Dari pengakuanmu sendiri, tampaknya kamu telah mengidentifikasi sejumlah potensi masalah seperti kurang modal dan ilmu. Tidak ada salahnya kamu mencoba mendulang pengalaman dan pelajaran dengan bekerja di beberapa perusahaan terlebih dulu. Idealnya, perusahaan ini juga berkutat di lini bisnis yang ingin kamu masuki nanti agar kamu bisa belajar langsung mekanisme dari dalam, bebas risiko.

Kalau pun nanti kamu tidak menjalani jalur bisnis tersebut, setidaknya kamu akan mendapat tambahan koneksi, modal, dan pengalaman yang akan memperkaya perjalanan kamu nanti.

Salam hangat,
Veronika Linardi
CEO Qareer Group Asia



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next