Tujuh Alasan Bertahan di Tempat Kerja Bergaji Kecil

Oleh Tri Susanto, 6 years ago

Dunia kerja memang lucu. Di saat banyak karyawan memutuskan pindah kerja dengan alasan gaji kurang, banyak juga karyawan yang memutuskan tetap bertahan dan bekerja sama giatnya meski gaji kecil.

Apakah mereka ini karyawan-karyawan yang loyal pada perusahaan? Belum tentu. Berikut ini tujuh alasan seorang karyawan bertahan di tempat kerja bergaji kecil. Mungkin Anda salah satunya?


1. Suasana kerja menyenangkan

Meskipun dibayar dengan gaji rendah, Anda enjoy bekerja di tempat tersebut. Rekan kerja kompak dan Anda pun kerja tanpa tekanan. Belum lagi suasana kerja yang penuh kekeluargaan di mana satu karyawan mendukung karyawan yang lain. Hal-hal sederhana seperti ini biasanya membuat Anda betah di kantor, bahkan Anda mungkin tak mengalami sindrom “benci hari Senin” karena kantor Anda menyenangkan.


2. Bos yang akomodatif

Atasan kerja yang baik dan akomodatif juga jadi faktor mengapa Anda memilih bertahan dengan gaji kecil . Anda merasa cocok bekerja dengan si bos karena selain Anda menghormatinya, Anda juga merasakan ikatan emosional. Belum lagi kalau Anda merasa ada utang budi karena sering dibantu oleh atasan baik dalam pekerjaan maupun urusan personal.


3. Takut keluar dari zona nyaman

Anda tidak siap dengan perubahan jika harus pindah ke tempat kerja yang baru. Anda khawatir tempat kerja baru tidak sesuai dengan ekspektasi Anda dan Anda takut harus memulai sesuatu dari bawah, misalnya bekerja dengan orang baru, bos yang baru, meja kerja baru, rute perjalanan ke tempat baru, dan lain-lain. Anda memutuskan bertahan karena tidak mau menghadapi perubahan dan tak ingin keluar dari zona nyaman yang sudah Anda jalani selama bertahun-tahun.


4. Belum ada pilihan lain

Ada juga karyawan yang bertahan di tempat kerja dengan gaji rendah karena terpaksa, berhubung belum ada panggilan kerja di tempat lain. Mereka merasa rugi harus resign terlebih dahulu dan akhirnya memutuskan untuk bertahan saja sampai ada kesempatan yang lebih baik lagi. Biasanya mereka rajin melamar ke tempat-tempat baru sambil fokus bekerja.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami