6 Jenis Pekerjaan yang Ada di Bank | Page 2 | Qerja

6 Jenis Pekerjaan yang Ada di Bank

Qerja, 5 years ago
6 Jenis Pekerjaan yang Ada di Bank
3. Business Promotion Department
Bagian business promotion department biasanya terdiri dari account officer atau disebut juga marketing officer yang bertugas melakukan pemasaran berbagai produk perbankan, terutama yang berhubungan dengan kredit. Karyawan di bagian ini harus bisa mengetahui dengan baik produk-produk kredit apa saja yang akan mereka tawarkan kepada nasabah.
 
4. Treasury Department
Tugas utama bagian treasury di bank adalah untuk menjaga likuiditas bank tersebut. Bagian treasury harus bisa memastikan bahwa bank memiliki kas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan. Treasury di bank biasanya yerdiri dari tiga bagian yaitu risk taking unit, middle, dan back office.
 
Bagian risk taking unit merupakan satuan kerja yang sehari-hari bertugas, mencari dan menempatkan dana, dan memperdagangkan surat-surat berharga baik di pasar perdana mapun di pasar sekunder dalam rupiah maupun valuta asing. Bagian ini juga bertugas melakukan kegiatan penempatan dana jangka panjang dalam surat berharga seperti obligasi yang digolongkan sebagai kegiatan investasi.
 
Sementara itu di middle office terdapat staff manajemen risiko dan treasury administration yang bertugas mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan risiko terutama risiko likiditas, risiko suku bunga, risiko nilai tukar, serta risiko lainnya yang terkait dengan semua kegiatan dan transaksi yang dilakukan di treasury department.
 
Sementara itu di bagian back office ada staff settlement yang bertugas untuk menyelesaikan administrasi, rekonsiliasi, memonitor transaksi, menyusun pelaporan semua transaksi yang dilakukan oleh bagian risk taking unit.
 
5. Loan Administration Department
Posisi ini bertugas untuk menanangani masalah administrasi kredit, portofolio kredit dan juga hukum. Loan administration department biasanya menerima pendaftaran/ permohonan kredit, menganalisa dan membantu permohonan kredit, menyiapkan dan melakukan realisasi kredit, memelihara dan menyimpan dokumen termasuk agunan kredit, mengawasi performance dan mengklarfikasi kredit, serta menyelesaikan kredit bermasalah. Di bagian ini selain terdapat petugas pengolah data dan administrasi pinjaman, terdapat juga bagian legal officer dan legal documentation.
 
6. Credit Analysis Department
Bagian ini merupakan bagian yang bertugas untuk menentukan layak tidaknya seorang nasabah mendapatkan fasilitas kredit dari bank. Biasanya berkaitan dengan permohonan kartu kredit dan juga terkait masalah batas kredit yang diberikan kepada pemohon kartu kredit.

Bagaimana? Setelah membaca penjabaran di atasa apakah Anda sudah tahu kira-kira ingin berkarir di bagian mana di dalam dunia perbankan?

Foto: pampams.net

BACA JUGA:
Fun Quiz: Apakah Kamu Cocok Bekerja di Bank?
Tujuh Pekerjaan Penting di Bandara
7 Pekerjaan yang Cocok Untuk ibu Rumah Tangga

 


Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next