Empat Tips Menolak Teman Yang Minta Rekomendasi Kerja

Oleh Steffi Teowira, 5 years ago
Suatu hari, seorang teman yang sedang mencari pekerjaan menghubungi Anda dan meminta bantuan agar ia direkomendasikan untuk mengisi posisi di perusahaan tempat Anda bekerja kini. Namun karena sehari-hari Anda tahu beberapa kekurangannya yang berisiko mengganggu performa kerjanya nanti, Anda enggan untuk merekomendasikannya. Mungkin Anda tahu kalau time management-nya buruk atau ia tipe yang kurang bertanggung jawab. Pokoknya Anda tidak terlalu antusias untuk menjadi rekan kerjanya.

Hal ini bukan perkara kecil, karena jika perilaku atau kinerja mereka tidak ideal, reputasi profesional Anda juga akan ikut terpengaruh. Belum lagi desas-desus tidak sedap yang akan mengikuti jika teman Anda ternyata tidak kompeten atau tidak bertanggung jawab di tempat kerja. Bagaimana caranya menolak jika dihadapkan dengan permintaan dari teman Anda untuk rekomendasi pekerjaan?

1. Beri Alasan Penolakan Yang Halus

Katakanlah kalau Anda memiliki prinsip untuk tidak merekomendasikan teman jika Anda tidak pernah bekerja dengannya atau mungkin Anda pernah punya pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu terkait hal serupa. Anda tidak perlu memberi terlalu banyak detil cerita, apalagi jika Anda tidak sepenuhnya jujur. Jika Anda enggan mencoba cara ini, mungkin Anda bisa mencoba poin-poin selanjutnya.

2. Membujuk Agar Teman Berubah Pikiran

Anda bisa mencoba 'menghalangi' teman Anda untuk melamar dengan menunjukkan bahwa ia mungkin tidak akan diterima atau tidak akan cocok dengan perusahaan Anda, seperti misalnya menceritakan bahwa perusahaan Anda sering meminta pegawainya untuk lembur, bahwa ia tidak punya kualifikasi cukup, dan lain-lain.

3. Sampaikan Alasan Anda Sebenarnya

Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami