Enam Tips Latihan Memori untuk Si Pelupa | Qerja

Enam Tips Latihan Memori untuk Si Pelupa

Qerja, 4 years ago
Enam Tips Latihan Memori untuk Si Pelupa
Apakah Anda pernah lupa dan melewatkan janji pertemuan dengan kolega atau dengan calon rekan bisnis Anda? Atau mungkin Anda kerap meninggalkan dompet atau telepon genggam di sembarang tempat tanpa menyadarinya? Mungkin sekarang daya ingat yang Anda miliki sudah menurun dari biasanya. Simak enam tips yang bisa untuk melatih memori agar tak lagi dikenal sebagai si pelupa.
 
1. Manfaatkan Buku Catatan


Jika Anda kerap melupakan janji dengan orang, mungkin ini sudah saatnya Anda menggunakan buku agenda dan mencatat semua rencana kegiatan harian Anda di dalamnya. Setiap Anda memiliki janji baru dengan siapapun, tuliskan di buku agenda tersebut. Coba cari buku agenda yang berukuran kecil sehingga memudahkan untuk Anda bawa ke mana-mana. Kalau perlu carilah buku agenda dengan gambar karakter favorit Anda misalnya, dengan harapan semoga Anda tidak akan melupakan keberadaan buku tersebut.

Tak mau ribet membawa-bawa buku? Manfaatkan berbagai aplikasi pencatat yang ada di ponsel Anda, mulai dari yang sederhana seperti Notes, atau yang sudah tersinkronisasi dengan kalender seperti Evernote, Sunrise, dan Wunderlist, yang juga bisa berfungsi sebagai sekretaris pribadi Anda. Asal Anda tak lupa saja mencatat janji meeting di aplikasi tersebut.

 

2. Visualisasikan


Merasa kesulitan mengingat nama orang seseorang? Mungkin kamu bisa mencoba untuk memvisualisasikannya ke dalam gambar. Kebanyakan orang lebih mudah mengingat jika ada bentuk visualnya dibanding hanya berbentuk tulisan saja. Misalnya, jika Anda memiliki janji makan pizza dengan teman Anda di Plaza Semanggi jam 1 siang. Coba visualisasikan dengan gambar pizza, daun semanggi, dan angka 13. Biasanya memvisualisasikan sesuatu yang mirip dengan hal yang akan kita lakukan akan membuatnya lebih mudah diingat.
 
 
3. Luangkan Waktu Bermain Game


Siapa bilang bermain game hanya akan membuang waktu Anda percuma saja? Justru bermain game telah diakui menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kembali ketajaman daya ingat Anda. Seperti yang dikatakan oleh Marcel Danesi yang menulis buku Extreme Brain Workout, bermain game akan  mengaktifkan sinapsis di seluruh bagian otak manusia, termasuk daerah ingatan. Cobalah bermain permainan ringan seperti Sudoku, Teka-Teki Silang, Puzzle, dan permainan trivia pengasah otak lainnya.
 

4. Tidur Siang



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next