Ask the Expert: Tidak Diberi Kesempatan Berkembang di Tempat Kerja | Qerja

Ask the Expert: Tidak Diberi Kesempatan Berkembang di Tempat Kerja

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Tidak Diberi Kesempatan Berkembang di Tempat Kerja

“Saya adalah fresh graduate lulusan jurusan teknik perminyakan. Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor EPC (Engineering, Procurement, and Construction) sebagai HSE Officer yang bertugas mengawasi kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan hidup.

Selama bergabung di perusahaan ini, saya tidak ada yang menuntun: senior sibuk sendiri dan manajer sibuk cari klien. Karena perusahaan hanya ada 5 orang dan saya karyawan paling muda, saya sering dijadikan sopir manajer untuk pergi meeting dengan klien namun tidak dilibatkan di meeting tersebut, sehingga saya tidak mendapat informasi apapun. Di sini juga tidak ada keterbukaan mengenai pekerjaan sehingga saya dan rekan-rekan sering tidak tahu mengenai pekerjaan apa yang akan kita lakukan.

Saya merasa tidak berkembang, pikiran jadi sempit, dan semangat bekerja tidak ada. Dengan lingkungan kerja seperti ini, saya jadi berpikir apakah harus bertahan atau resign. Mohon masukannya.”Ramadhana

 

Hai Ramadhana,

Kalau prospek perusahaan di masa depan masih cerah dan bisnis berjalan lancar, sayang sekali jika kamu langsung keluar begitu saja.

Cobalah untuk sedikit lebih proaktif. Sampaikan keinginanmu untuk belajar lebih banyak kepada atasan atau manajer. Katakan kalau kamu bersedia ikut serta membantu dalam rapat, misalnya melakukan riset, membuat catatan rapat, atau mengirimkan email.

Kamu juga bisa membantu meringankan tugas manajermu, seperti membantu meriset perusahaan yang bisa menjadi klien potensial, merencanakan rapat, dan lainnya. Secara keseluruhan, jadilah pegawai yang dapat diandalkan atasan.

Untukmu sendiri, perbanyak networking dengan rekan sejawat dan membaca tentang pergerakan industri agar kamu siap ketika diberi tanggung jawab lebih.

Salam hangat,
Veronika Linardi
CEO Qareer Group Asia



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next