Dimutasi ke Kota Lain? Ini Enam Hal yang Harus Anda Siapkan | Qerja

Dimutasi ke Kota Lain? Ini Enam Hal yang Harus Anda Siapkan

Qerja, 3 years ago
Dimutasi ke Kota Lain? Ini Enam Hal yang Harus Anda Siapkan

Mutasi yang biasa kita dengar dalam dunia karir punya tiga persepsi. Yang pertama, perpindahan ke jabatan lain namun setara (rotasi); kedua, perpindahan jabatan ke posisi lain yang lebih tinggi dari sebelumnya (promosi); ketiga: Anda dipindah ke jabatan yang lebih rendah (demosi) karena kurang perform.

Ketiga jenis mutasi ini kondang di kalangan para karyawan. Namun harus diakui bahwa mutasi yang paling menantang adalah yang bersamaan dengan dengan pindah kerja ke kota yang baru. Mengapa? Ya, karena Anda bukan hanya melibatkan keluarga tetapi juga harus siap menyesuaikan diri dengan rekan kerja baru, bos baru, dan juga atmosfer tempat kerja yang pasti sangat berbeda dibanding sebelumnya.

Nah, berikut enam hal yang harus dilakukan bila Anda dimutasi ke kota lain.


1. Mempersiapkan keluarga

qc-jkt-2019

Mutasi ke kota lain cukup menantang buat Anda yang sudah berkeluarga. Anda harus bisa memberikan pengertian kepada istri dan anak bahwa Anda dimutasi dan harus pindah ke kota lain. Berikan pandangan yang positif bagaimana menyikapi keputusan mutasi Anda, sehingga keluarga akan menerima rencana kepindahan tersebut.

Jangan lupa bicarakan baik-baik dengan pasangan, apakah keluarga akan ikut pindah, atau hanya Anda saja yang pindah. Terutama jika pasangan Anda juga memiliki karir yang sudah cukup sukses di kota ini. Jika keluarga ikut pindah, persiapkan segala hal termasuk sekolah anak-anak, area tempat tinggal, dan pekerjaan baru untuk pasangan.

2. Cari tahu tentang lingkungan kerja baru

Ada baiknya Anda mengetahui sedikit tentang bagaimana lingkungan kerja di kota yang menjadi tujuan. Lebih baik lagi kalau Anda mengenal beberapa rekan kerja di tempat baru sebelumnya sehingga mereka bisa memberikan informasi mendalam. Ini penting supaya Anda tidak kaget saat mulai bekerja.

Selain lingkungan kerja, baiknya Anda mengetahui bagaimana kondisi kota yang akan Anda tinggali. Bila pihak perusahaan tidak menyediakan tempat tinggal, mulailah hunting tempat tinggal dan sekolah untuk anak yang dekat dengan kantor baru plus mudah dijangkau.


3. Tanya fasilitas di tempat baru



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next