Empat Fakta Tentang Karir Sebagai Polisi | Qerja

Empat Fakta Tentang Karir Sebagai Polisi

Qerja, 3 years ago
Empat Fakta Tentang Karir Sebagai Polisi

Profesi polisi tetap menjadi favorit banyak orang terlepas dari proses reformasi di kepolisian yang masih berjalan. Setiap kali markas besar Polisi Republik Indonesia (POLRI) membuka kesempatan rekrutmen, prosesnya diikuti ribuan bahkan ratusan ribu orang yang berminat berkarir di bidang ini. 

Menjadi polisi memang terkesan “keren” dan punya otoritas yang tidak dimiliki profesi lainnya. Meskipun pada kenyataannya bertugas menjadi polisi artinya bekerja tanpa mengenal waktu dan berisiko tinggi.

Bila Anda berminat meniti karir sebagai polisi, cari tahu dulu sejumlah fakta berikut ini termasuk jalur pendidikan yang harus ditempuh.


1. Empat Jalur Pendidikan Dasar Menjadi Polisi
 

Masuk dan Mendaftar menjadi polisi bisa melalui empat jalur yaitu:


a. Sekolah Calon Bintara (Secaba) Polisi

Biasanya untuk lulusan SMU dan sederajat, dan mendapat pendidikan selama tujuh bulan di sekolah polisi negara (SPN) di Polda di daerah masing-masing. Saat lulus, Anda berpangkat brigadir dua (bripda)

b. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Anda akan dididik di sekolah pembentukan perwira (sektukpa) di lembaga pendidikan Polri (Lemdikpol) selama enam bulan. Untuk masuk ke SIPSS, Anda haruslah lulusan sarjana dan saat lulus nanti Anda mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda)

c. Akademi Kepolisian (AKPOL)

Jalur lainnya yang bisa dicoba adalah dengan masuk akademi polisi saat lulus SMU dan mengikuti pendidikan selama empat tahun di Akpol Semarang. Saat lulus, Anda berpendidikan sarjana ilmu kepolisian dan berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

d. Tamtama Polisi/ Tamtama Brimob

Anda menempuh pendidikan selama enam bulan di SPN Polda dan keluar dengan pangkat Bharada Polisi. Sebelumnya Anda harus lulusan SMU/sederajat terlebih dahulu.


2. Berkarir di Polisi dengan Masuk AKPOL

Bila Anda memutuskan berkarir di kepolisian, jalur AKPOL adalah yang paling direkomendasikan karena kemungkinan karir melejit akan lebih besar dibanding jalur masuk lainnya. Selain mendapatkan pangkat lebih tinggi dibanding lulusan Secaba, lulusan AKPOL akan lebih mudah mendapatkan posisi dan pangkat tertinggi hingga pensiun nanti.

Bagaimana dengan SIPSS? Apa perbedaan Akpol dan SIPSS, karena keduanya mendapatkan pangkat yang sama? Lulusan Akpol dipersiapkan untuk calon pemimpin polisi ke depan, sehingga jabatannya lebih ke struktural sementara lulusan SIPSS akan ditempatkan sebagai ahli di bidangnya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next