Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI | Page 2 | Qerja

Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI

Eka Utami, 3 years ago
Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI

Baca Juga : Mengenal Pangkat Militer dan Jabatan Dalam TNI. Ada Apa Saja?

Bintara

Menurut situs ini, bintara merupakan pimpinan satuan terdepan atau terkecil. Para komandan regu ini membawahi sekelompok tamtama untuk melakukan berbagai tugas strategis. Bintara juga bertanggungjawab sebagai penghubung garis komando dari para perwira atasannya dengan tamtama.

Seorang bintara memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis. Dia dituntut memiliki kemampuan di bidang pengetahuan umum maupun teknis militer. Maka, seseorang yang ingin menjadi bintara setidaknya harus punya ijazah Sekolah Menengah Atas. Jenjang karier bintara terdiri dari pangkat pembantu letnan dua, pembantu letnan satu, sersan dua, sersan satu, sersan kepala dan sersan mayor.

Syarat mendaftar menjadi bintara antara lain:
– Tinggi min 163 cm (laki-laki) dan 158 cm (perempuan)
– Umur maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan
– Lulusan SMA/MA dengan nilai rata-rata UAN 6

Perwira

Seorang bintara bisa mengikuti sekolah calon perwira untuk naik pangkat. Sementara masyarakat umum yang punya ijazah diploma atau sarjana dan memenuhi syarat-syarat tertentu bisa mendaftar ke akademi militer agar menjadi seorang perwira TNI.

Para perwira disiapkan menjadi pemimpin untuk kesatuan yang lebih besar. Menurut situs ini salah satu tugas perwira adalah menegakkan disiplin di satuannya. Caranya dengan melakukan pembinaan moril dan mental, memberi teladan dan pengawasan.

Ada beberapa jenjang kepangkatan di golongan perwira TNI. Perwira pertama dimulai dari letnan dua, letnan satu dan kapten. Sementara perwira menengah dimulai dari pangkat mayor, letnan kolonel dan kolonel. Adapun perwira tinggi di Angkatan Darat dimulai dari pangkat brigadir jeneral, mayor jenderal, letnan jenderal dan jenderal. Perwira tinggi di Angkatan Laut disebut Laksamana Pertama, Laksamana Muda, laksamana Madya dan Laksamana. Pangkat prwira tinggi di Angkatan Udara yaitu Marsekal Pertama, Marsekal Muda, Marsekal Madya dan Marsekal.

Syarat mendaftar menjadi perwira antara lain:
– Tinggi minimal untuk laki-laki: 165 cm (AL dan AD),  163 cm (AL)
Tinggi minimal perempuan: 163 cm (AL), 160 cm (AD), 157 cm (AU)
– Umur maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan
– Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai akhir sesuai ketentuan

Jangan sampai ketinggalan pembukaan penerimaan TNI! Tapi, jangan pula tertipu seleksi palsu. Cek jadwal pembukaan rekrutmen TNI di http://rekrutmen-tni.mil.id/ untuk AD dan AL dan http://rekrutmentni.net/ untuk AU. –Qerja.com 

Baca Juga : 4 Fakta yang Perlu Diketahui Sebelum Berkarir Jadi Tentara

Sumber foto: Flickr

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next