Membawa Si Kecil ke Tempat Kerja? Ikuti 8 Aturan Ini

Oleh Tri Susanto, 6 years ago
4. Bawa Kebutuhan Anak

Jangan lupa membawa tas berisi baju ganti, popok, camilan, dan minuman kesukaan anak karena Anda pasti sulit menemukannya di kantor. Selain makanan dan minuman, disarankan untuk membawa mainan kesukaan si kecil seperti buku gambar, pensil warna, boneka, dan mainan yang bisa membuat anak sibuk dan tidak menganggu Anda yang sedang bekerja.

Anda juga bisa membawa kasur tipis untuk tempat anak tidur bila waktu tidur siang tiba.


5. Persiapkan Makan Siang di Kantor

Bila biasanya Anda makan siang dengan rekan kerja di luar setiap sambil ngobrol dan bergosip, maka akan lebih baik jika Anda makan siang di kantor saja sambil menemani anak bermain. Membawa anak, terutama yang masih balita, akan merepotkan dan Anda pasti tidak bisa makan dengan tenang.

Anda bisa memesan makanan pada office boy (OB) dan menikmati makan siang bersama anak.


6. Jangan Libatkan Orang lain di Kantor

Pastikan untuk tidak melibatkan rekan kerja atau siapa pun dalam menjaga anak Anda di kantor. Ingat, mereka juga memiliki kesibukan dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Sesekali meminta bantuan OB mungkin boleh Anda lakukan, tetapi jangan sampai tugas OB terganggu karenanya.

Biasanya sih ada saja rekan kerja yang dengan senang hati membantu Anda mengawasi si kecil sebentar sementara Anda ikut rapat atau menghadap bos. Tapi ingat, jangan menitipkan anak Anda pada rekan kerja meskipun hanya sebentar saja. Biarkan rekan kerja ikut mengasuh hanya jika dirinya sendiri yang menawarkan diri.


7. Jangan Jadi Lupa Bekerja

Membawa anak ke kantor bukan berarti Anda bisa menggunakan seluruh jam kerja untuk mengasuh anak. Kewajiban nomor satu tetap memenuhi kewajiban kerja. Pergunakan waktu sebaik-baiknya bila si kecil sedang sibuk sendiri dan tidak membutuhkan asuhan Anda. Anda juga bisa meningkatkan produktivitas bila anak sedang istirahat atau bersama orang lain.


8. Jangan Sering-Sering

Pastikan Anda tidak terlalu sering membawa anak ke tempat kerja. Selain nantinya akan menganggu kinerja kerja Anda, rekan kerja lainnya juga akan terganggu. Belum lagi kalau Anda ditegur bos. Baiknya mencari cara agar si kecil bisa diasuh di rumah, karena kantor memang bukan tempat yang cocok untuknya. 

 

BACA JUGA:

7 Pekerjaan yang Bisa Disambi Oleh Ibu Rumah Tangga

8 Aturan yang Harus Ditaati Saat Bekerja dari Rumah

4 Tantangan yang Dihadapi Ibu yang Bekerja (dan Solusinya)


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami