5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Memusuhi Anda | Qerja

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Memusuhi Anda

Qerja, 4 years ago
5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Memusuhi Anda

Mungkin Anda sedang menghadapi rekan kerja yang senang menjatuhkan Anda depan atasan, menjelek-jelekkan Anda di depan semua orang, atau selalu mengkritik cara kerja Anda. Padahal Anda tidak pernah punya masalah dengannya.

Wah, sepertinya saat ini Anda punya “musuh” di kantor yang tidak suka Anda atau iri dengan kinerja kerja Anda yang selalu perform.

Tetapi janganlah menghadapi mereka dengan frontal, karena Anda juga yang nantinya akan rugi. Baiknya Anda ikuti beberapa cara elegan di bawah ini:

 

1. “Musuh” Juga Manusia

Pertama-tama Anda harus menempatkan rekan kerja Anda itu sebagai manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Terlepas dari masalah kerja, dia pasti adalah orang baik yang jadi kesayangan keluarga dan anak-anaknya.

Jadi daripada Anda langsung mengklaim bahwa rekan Anda itu jahat, baiknya sekali-kali Anda ajak dia makan siang bersama atau minum kopi di kantor saat istirahat. Ini bisa menjadi strategi Anda mengumpulkan informasi kenapa dia sangat membenci Anda. Jangan-jangan ada sesuatu yang Anda perbuat dan tidak Anda sadari. Mengajaknya berteman akan membuat dia berhenti memusuhi Anda.

 

2. Minta Saran Darinya

Ketika rekan kerja mengkritik strategi Anda saat meeting di depan bos, mintalah dia langsung memberikan saran yang menurutnya lebih briliant untuk dijalankan. Bila memiliki niat tulus, rekan Anda akan selalu punya ide. Sebaliknya, kalau kritik itu cuma akal-akalan untuk menjatuhkan Anda, maka dia akan panik dan akan mempermalukan dirinya di depan seluruh peserta meeting.

Anda juga harus siap menjalankan ide kerjanya, seandainya dia memiliki ide yang bagus. Namun saat ide itu gagal, Anda bisa dengan elegan berkata, “Nah, ide Anda ternyata tidak berjalan dengan baik, jadi mari kita jalankan dengan cara saya.”

 

3. Jangan Bereaksi Terlalu Cepat



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next