Detail Desain Kantor yang Meningkatkan Produktivitas | Qerja

Desain Kantor yang Meningkatkan Produktivitas

Steffi Teowira, 3 years ago
Desain Kantor yang Meningkatkan Produktivitas

Produktif, produktivitas, dua kata kunci ini sering dibahas di banyak artikel baik mengenai kehidupan pribadi maupun profesional. Pegawai yang produktif atau proses kerja yang produktif berarti lebih banyak tugas yang bisa diselesaikan, standar kualitas lebih tinggi lebih mudah dicapai, dan kemungkinan besar pengeluaran bisa lebih ditekan. Simpelnya, pegawai tidak makan gaji buta.

Untuk menjadi produktif tentu dibutuhkan niat dan disiplin tinggi, namun faktor eksternal juga turut berpengaruh. Detail desain tempat kerja di bawah ini tidak hanya bertujuan meningkatkan produktivitas, namun juga membuat pegawai betah di tempat kerja.

1. Psikologi nuansa warna kantor

Warna dinding berbeda memiliki efek psikologi berbeda. Warna merah, misalnya, adalah warna agresif yang menciptakan antisipasi dan ketegangan, sehingga jika digunakan secukupnya bisa meningkatkan semangat mengejar deadline. Warna lain seperti biru dan merah muda memiliki efek yang cenderung menenangkan, cocok untuk ruang rehat.

Walau begitu, tidak ada yang namanya satu warna yang efektif untuk semua orang. Lakukan eksperimen terhadap warna berbeda untuk ruang berbeda pula dan uji efektivitasnya. Anda bisa juga mencoba menghiasi meja dengan pernak-pernik dengan warna yang memicu semangat.

2. Aroma berbeda, suasana berbeda

Wewangian menyengat memang sebaiknya dihindari di lingkungan profesional, namun aroma-aroma tertentu bisa mempengaruhi kemampuan fokus dan mood pegawai. Misalnya aroma pinus meningkatkan ketajaman fokus, lavender memberi efek menenangkan, dan aroma jeruk membuat lingkungan terasa lebih segar.

Memilih satu aroma untuk seluruh kantor memang agak sulit, karena ada saja individu yang sensitif terhadap wewangian atau tidak menyukai aroma tertentu. Lakukan uji coba terhadap aroma berbeda di sejumlah ruangan, misalnya aroma menenangkan di ruang santai, namun pastikan agar tidak terlalu menyengat.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next