Detail Desain Kantor yang Meningkatkan Produktivitas | Page 2 | Qerja

Desain Kantor yang Meningkatkan Produktivitas

Steffi Teowira, 3 years ago
Desain Kantor yang Meningkatkan Produktivitas

3. Ruang pribadi untuk individu

Kantor open space atau ruang terbuka tanpa sekat menjadi populer di beberapa tahun terakhir karena dianggap mendukung efisiensi berkomunikasi dan mendekatkan para pegawai. Walau begitu, sejumlah riset menunjukkan bahwa kantor open space malah menurunkan produktivitas dan membuat pegawai terkadang merasa kurang nyaman.

Tidak ada yang salah dengan desain kantor terbuka, terutama jika budaya perusahaan mendukung adanya keterbukaan komunikasi dan kerja sama. Walau begitu, ada baiknya para karyawan juga disediakan ruang pribadi untuk kebutuhan tertentu seperti konferensi atau rapat.

4. Latar belakang audio dapat membantu

Pengaruh musik terhadap tingkat produktivitas banyak dipelajari, namun belum ada yang bisa menentukan satu musik yang efektif secara universal. Alih-alih, kebanyakan hasil temuan menyarankan agar pegawai mendengarkan lagu favorit sembari bekerja karena inti dari fungsi musik adalah meningkatkan kualitas mood pegawai.

Karena itu, memilih satu jenis musik untuk dimainkan di kantor tidak terlalu disarankan. Untuk amannya, biarkan para pegawai untuk mendengarkan musik pilihan mereka dengan headphone masing-masing.

5. Pencahayaan yang memadai

Pencahayaan memadai di tempat kerja tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman, namun juga berefek positif bagi kesehatan pegawai. Keduanya berpengaruh langsung pada tingkat produktivitas mereka. Kurangnya cahaya menurut riset bahkan bisa menyebabkan tingginya risiko terkena depresi.

Pilihan terbaik tentu adalah menggunakan jendela besar untuk cahaya natural. Alternatif lain, siapkan lampu fluorescent yang cukup untuk mengurangi kelelahan mata dan menjaga agar pegawai tetap fokus dengan tugas.—Qerja.com



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next