Jam Kerja di Spanyol: 09.00-20.00 | Qerja

Jam Kerja di Spanyol: 09.00-20.00

Eka Utami, 4 years ago
Jam Kerja di Spanyol: 09.00-20.00

Selama bertahun-tahun, pegawai kantoran di Spanyol bekerja dalam waktu yang lebih lama: 11 jam sehari. Mereka memulai hari di kantor jam 9 pagi dan baru bisa pulang jam 8 malam.

Mereka datang ke kantor pukul 9, lalu istirahat untuk coffee break di pertengahan pagi. Mereka pun mendapat jatah waktu untuk makan siang dan siesta  alias tidur siang selama dua atau tiga jam, dari pukul 2 siang hingga sore hari. Kalau dilihat dari kelonggaran waktu istirahat yang panjang, tampaknya aturan ini tidak memberatkan pegawai.

Padahal, jam kerja panjang berdampak buruk untuk kehidupan pribadi pegawai kantoran di Spanyol. Bayangkan ketika karyawan di Spanyol baru selesai makan siang, sementara pegawai di negara Eropa lainnya sudah bersiap untuk pulang. Jadi, pegawai Spanyol selalu “pulang telat”. Mereka baru bisa makan malam setelah jam 9. Kebanyakan pekerja kantoran lalu menikmati acara televisi selama beberapa jam. Kemudian seorang pegawai baru bisa pergi tidur pada tengah malam.

Pada akhirnya, karyawan kehilangan waktu bersama keluarga. Mereka tidak punya kesempatan untuk bermain bersama anak sepulang kerja.  Selain itu, banyak orang yang hanya mendapat jam tidur lebih sedikit dari yang seharusnya. Kurang tidur dan kelelahan akan membuat orang tidak produktif dan ancaman kecelakaan kerja menjadi lebih tinggi.

Sejarah Aturan Kerja 11 Jam

Sejarah jam kerja panjang di Spanyol dimulai pasca Perang Saudara (tahun 1936-1939). Ketika itu, banyak orang yang dipaksa melakukan dua pekerjaan. Kebanyakan orang melakukan pekerjaan resmi dari pagi hungga jam 3 sore. Setelah itu, mereka melakukan pekerjaan lainnya.

Faktor lain yang memengaruhi adalah perubahan zona waktu di Spanyol. Pada tahun 1940-an, Jenderal Fransisco Franco malah mengubah aturan waktu di negara itu. Berdasarkan letak geografisnya, seharusnya Spanyol berada satu area waktu dengan Inggris dan Portugal. Namun Franco menggeser waktu Spanyol mengikuti area Eropa tengah, demi solidaritas dengan Pemimpin Jerman Hitler. Akibatnya, matahari terbit dan terbenam “lebih lambat” di Spanyol. Menurut Bangkokpost.com, perubahan zona waktu memengaruhi kebiasaan masyarakat sehingga akhirnya berpengaruh pada aturan jam kerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next