4 Skill yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Jadi Psikolog | Qerja

4 Skill yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Jadi Psikolog

Qerja, 5 years ago
4 Skill yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Jadi Psikolog

Saat Anda mendengar kata “psikolog”, apa yang terbayang di kepala Anda? Seseorang yang berprofesi mendengarkan keluhan orang lain dan mencoba menolongnya keluar dari masalah jiwa. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, karena psikolog memang profesi yang berhubungan dengan mental seseorang.

Definisi yang sering digunakan untuk psikolog adalah seseorang yang ahli dalam praktik psikologi, yaitu bidang ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. 

Cabang dari ilmu psikologi ini lumayan banyak, misalnya psikolog klinis, psikolog pendidikan, dan psikolog industri. Tetapi kata “psikolog” lebih sering digunakan untuk menyebut ahli psikologi klinis, yaitu ahli psikologi di bidang kesehatan mental.

 

Apa Sih Perbedaan antara Psikolog dan Psikiater?

Banyak orang yang sulit membedakan profesi psikolog dan psikiater. Bahkan kedua jenis profesi ini dianggap sama karena keduanya bekerja untuk meringankan depresi dan stress mental. Tetapi tunggu dulu, psikolog dan psikiater adalah dua profesi yang berbeda, lho.

Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan, sementara ilmu psikiatri merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari dan menangani gangguan mental, meliputi gangguan afektif, prilaku, kognitif, dan perseptual. Sehingga tidak heran para psikiater merupakan dokter medis yang dapat memberikan resep sebagai bagian dari pengobatan mereka, sementara psikolog lebih cenderung mengunakan sistem konseling untuk membantu pasien mereka.

Perbedaan lainnya? Pendidikan dan pelatihannya juga berbeda. Psikolog adalah mereka yang lulusan S1 Psikologi, kemudian melanjutkan pendidikan di magister profesi psikologi yang setara S2 untuk dapat disebut sebagai psikolog.

Sementara psikiater adalah lulusan fakultas kedokteran yang melanjutkan pendidikannya di spesialisasi psikiatri (spesialis kedokteran jiwa).

 

EMPAT KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI PSIKOLOG

Bila Anda sudah membulatkan tekad untuk menjadi psikolog klinis yang berurusan dengan orang-orang bermasalah dalam hal mental, maka persiapkan diri Anda dengan baik. Selain menyelesaikan pendidikan di bidang psikologi, baiknya Anda memiliki empat keterampilan ini:


1. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan baik merupakan keterampilan penting menjadi psikolog. Anda harus bisa memberikan masukan pada pasien tanpa terkesan menggurui dan juga tahu jenis komunikasi yang efektif untuk setiap pasien yang Anda hadapi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next