Bagaimana Menjawab Pertanyaan “Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan”? | Qerja

Menjawab “Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan?”

Steffi Teowira, 1 year ago
Menjawab “Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan?”

Ketika mempekerjakan seorang pegawai baru, perusahaan menuangkan investasi besar, dari proses pencarian, wawancara, hingga pelatihan. Mereka perlu tahu kalau Anda layak dijadikan investasi sebagai pegawai loyal yang tidak akan mangkir setelah bekerja satu atau dua tahun saja.

Pertanyaan seperti “Apa rencana Anda 5 tahun ke depan?” dirancang sebagai sejenis tes untuk mengukur motif Anda melamar pekerjaan tersebut. Jawaban Anda terhadap rencana karier di masa depan dirasa bisa memberi sedikit bayangan terhadap tingkat loyalitas Anda kelak, misalnya apakah rencana Anda itu akan membawa Anda segera pindah ke titik lain atau selaras dengan perkembangan perusahaan.

Jawaban Anda baiknya menonjolkan antusiasme Anda terhadap karier panjang dengan calon perusahaan setidaknya selama lima tahun ke depan. Kalau begitu, kira-kira apa yang perlu Anda perhatikan?

1. Tunjukkan Anda ambisius, tapi realistis

Tentu, silahkan bermimpi setinggi-tingginya. Namun kenyataannya, ada batasan terhadap impian yang bisa Anda utarakan di hadapan pewawancara untuk pertanyaan ini. Simpan saja jawaban “ingin menjadi CEO dengan 2 Bugatti dan 5 Rolex” untuk sesi bercengkrama dengan teman. Di mata pewawancara, bisa-bisa ambisi Anda yang dirasa kelewat tinggi itu dianggap tidak cocok dengan budaya perusahaan atau Anda akan dilabeli “omong doang”.

Jaga agar jawaban Anda tetap santun. Walau Anda hanya setengah bercanda ketika menjawab dalam 5 tahun ke depan, Anda ingin menempati posisi sang pewawancara, ia bisa jadi malah illfeel.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next