3 Trik Melamar Pekerjaan Jika Anda Tidak Memenuhi Persyaratan | Qerja

3 Trik Melamar Pekerjaan Jika Anda Tidak Memenuhi Persyaratan

Qerja, 5 years ago
3 Trik Melamar Pekerjaan Jika Anda Tidak Memenuhi Persyaratan

Jangan berasumsi bahwa perusahaan hanya butuh kandidat yang benar-benar memenuhi semua kualifikasi. Daftar yang berisi jenis-jenis pengalaman dan keahlian yang tertera memang berfungsi untuk menyaring kandidat yang tidak relevan, namun tidak jarang ditemui sebuah pekerjaan yang jadi ‘fleksibel’ untuk kandidat yang tepat, entah dengan tambahan pelatihan atau masa uji coba, karena itulah yang sebenarnya dibutuhkan perusahaan: seseorang yang tepat dan memiliki potensi untuk memberi solusi yang mereka butuhkan.

Tentu saja Anda juga perlu cermat membedakan mana lamaran yang memberi Anda peluang dan mana yang memang terlalu jauh dari jangkauan. Misalnya, jika lowongan butuh seseorang dengan jenjang pendidikan tertentu atau pengalaman jauh di atas yang Anda miliki, lebih baik Anda alihkan waktu dan energi untuk lowongan yang lebih dekat dengan kualifikasi Anda.

Walau begitu, ditunjang dengan CV yang ditulis secara strategis, Anda bisa memperoleh kesempatan untuk wawancara bahkan mendapatkan pekerjaan tersebut melalui cover letter yang ditulis dengan baik dan wawancara sukses. Ikuti tips kami untuk memperbesar peluang Anda mendapat pekerjaan walau tidak sesuai dengan kualifikasi.

1. Lakukan Riset Mendalam

Tidak hanya informasi umum mengenai perusahaan, selami lebih dalam mengenai performa mereka di tahun ini atau beberapa bulan terakhir. Hal utama yang dicari perusahaan adalah seseorang yang bisa memberi mereka jawaban untuk masalah yang mereka hadapi. 

Cara termudah adalah dengan membaca baik-baik job description pada tawaran kerja. Apa yang dibutuhkan perusahaan biasa tampak dari kalimat yang tertera, misalnya, “Team player yang dapat membantu mencapai target penjualan” atau “Ahli marketing yang dapat berinteraksi dengan konsumer” dan coba pikirkan bagaimana Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda jika Anda diterima. Cantumkan hasil riset Anda tersebut di cover letter dan ulas kembali saat Anda diwawancarai nanti.

2. Manfaatkan Koneksi

Saatnya melirik daftar kontak yang telah Anda kumpulkan selama ini. Cari tahu apakah Anda kenal seseorang yang sedang bekerja di perusahaan tersebut. Hubungi koneksi Anda itu untuk bertemu dan tanyakan dengan sopan apakah ia bersedia dimintai tolong merekomendasikan Anda.

Di sisi lain, Anda tentu tahu kalau banyak posisi pekerjaan sering tidak diiklankan. Melalui koneksi Anda, Anda juga bisa mencari tahu bila ada posisi pekerjaan terbuka yang lebih cocok dengan keahlian dan pengalaman yang memang Anda miliki.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next