5 Tips Melupakan Masalah Kantor Saat Sudah di Rumah | Qerja

5 Tips Melupakan Masalah Kantor Saat Sudah di Rumah

Qerja, 4 years ago
5 Tips Melupakan Masalah Kantor Saat Sudah di Rumah

Persepsi pada umumnya adalah semakin tinggi posisi Anda, semakin besar tanggung jawab yang Anda emban, tentu semakin banyak pikiran yang membebani Anda. Jadi sedikit stress memang lazim, kan? Jangan salah: Pikiran mengenai pekerjaan yang terus menghantui hingga Anda pulang bukan hanya dialami oleh siapa saja, dari pegawai entry level sampai eksekutif.

Imbasnya jelas terasa pada kesehatan mental dengan stress yang bertumpuk, begitu pula kesehatan fisik dan kacaunya keseimbangan antara hidup pribadi dan profesional. Untuk Anda yang sering kesulitan meninggalkan pemikiran tentang kerja di tempat kerja, coba lima tips di bawah ini untuk meringankan tekanan yang mengejar hingga ke rumah.

1. Tuliskan Isi Pikiran Anda

Jabarkan tugas, masalah, perkara seputar pekerjaan yang menggerogoti pikiran Anda beserta langkah-langkah apa saja yang akan Anda lakukan dalam sebuah to do list sebagai pedoman Anda esok hari di tempat kerja. Lakukan sebelum Anda keluar dari kantor, namun jika tidak sempat, lakukanlah jika pikiran tentang pekerjaan mendadak muncul di rumah. Aktivitas ini akan membantu Anda mengeluarkan dan meluruskan isi pikiran.

2. Jauhkan Dari Godaan

Jika Anda sering mendapati diri sendiri selalu dikejar-kejar pikiran mengenai pekerjaan dan keinginan untuk terus mengecek email, begitu keluar dari pintu kantor, coba sign out dari email kantor atau bahkan mematikan ponsel. Bila Anda benar-benar harus mengecek kabar tentang pekerjaan, alokasikan waktu singkat untuk mengeceknya, namun jangan terlalu sering!

3. Ciptakan Kebiasaan Kecil

Untuk menciptakan transisi mulus dari pola pikir kerja ke santai, ciptakan ritual kecil yang menandakan bahwa Anda telah keluar dari kantor, misalnya mendengarkan musik yang membuat Anda relaks dalam perjalanan pulang, membaca artikel favorit, berolahraga. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan ini sepulang kerja, otak Anda akan mendapat sinyal bahwa sudah saatnya untuk berhenti bekerja dan bersantai.

4. Alihkan Pikiran Anda



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next