Enam Cara Mudah Melatih Diri untuk Disiplin | Qerja

Enam Cara Mudah Melatih Diri untuk Disiplin

Qerja, 4 years ago
Enam Cara Mudah Melatih Diri untuk Disiplin

Disiplin merupakan salah satu faktor penting untuk mewujudkan kesuksesan dalam berkarir. Dengan disiplin, seorang karyawan bisa mencapai target karir yang sudah dia buat dan mampu menghadapi tantangan pekerjaan.

Sulitkah membangun disiplin diri? Ini bukan masalah sulit atau tidak, tetapi lebih pada keinginan, apakah Anda benar-benar ingin menjadi seseorang yang selalu disiplin dalam segala hal, atau tetap seperti sekarang?

Berikut enam cara cepat membangun disiplin diri yang bisa Anda terapkan.

 

1. Niat Harus Kuat

Pertama-tama pastikan kalau Anda memiliki niat untuk disiplin terlebih dahulu. Niat yang keluar dari hati Anda akan mendukung upaya pendisplinan diri. Jangan sampai Anda ingin disiplin karena terpaksa atau setengah hati, karena nantinya upaya Anda tidak akan maksimal.

Seringkali niat untuk menjadi disiplin hanya sementara, berikutnya Anda akan kembali ke kebiasaan awal dikarenakan kurangnya komitmen.


2. Ubah Kebiasaan

Setelah niat Anda sudah bulat, maka Anda bisa mengubah beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan, misalnya sering telat ke kantor, menyerahkan tugas setelah deadline, atau terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam berinteraksi dengan media sosial saat bekerja.

Baiknya Anda memulai untuk disiplin dengan masuk kantor tepat pada waktunya, menyerahkan hasil kerja sebelum deadline dan selalu fokus bekerja tanpa terlalu banyak distraksi dari website-website di internet dan teman-teman di media sosial.


3. Jangan Memaksakan Diri

Anda yang terbiasa hidup tidak disiplin selama ini akan tersiksa jika perubahan dilakukan secara ekstrem. Jadi lakukan disiplin diri secara perlahan namun pasti. Jangan sampai mental Anda kaget.

Yang paling penting Anda berubah menjadi sedikit lebih disiplin, namun perubahannya bisa langgeng.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next