5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini | Page 2 | Qerja

5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini

Qerja, 4 years ago
5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini

Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan tidak mengatur tentang pensiun dini, termasuk juga tidak mengatur batas usia pensiun (BUP) dan kapan masa pensiun.

Meskipun demikian, ada juga peraturan UU yang mengatur BUP, termasuk mengatur program pensiun dini misalnya BUP pada jabatan profesi atau yang bekerja di institusi negara, contohnya pegawai negeri sipil (PNS), tentara, polisi, hakim, dan lain-lain.

Bagaimana dengan karyawan swasta? Biasanya urusan pensiun dan pensiun dini merupakan domain dari perusahaan atau instansi yang mempekerjakan karyawan. Jadi sebaiknya Anda mengecek buku peraturan perusahaan atau bertanya pada pihak HRD untuk hal ini.


4. Apakah Perusahaan Bisa Membuat Karyawannya Pensiun Dini?

Tentu bisa, dong. Apalagi bila masalah pensiun dini ini diatur dalam peraturan perusahaan atau kontrak kerja yang sudah Anda tandatangani.

Aturan pensiun dini sering ditawarkan bila perusahaan sedang bermasalah dalam hal keuangan, seperti merugi, menjelang bakrut, atau sedang pailit dan tidak mampu membayar karyawannya.

Tidak heran pensiun dini jadi solusi untuk merumahkan karyawan secara sukarela tanpa harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)


5. Apa Saja Hak Karyawan yang Pensiun Dini?

Sebagaimana layaknya pensiun biaya, karyawan yang memilih pensiun dini juga mendapatkan uang pesangon, penghargaan masa kerja, serta penggantian hak yang besarnya sama dengan pensiun normal.

Oh ya, selain itu biasanya perusahaan memberikan penawaran uang pensiun yang lebih tinggi untuk menarik minat karyawan mengajukan diri untuk pensiun dini. Dana itu bahkan sering digunakan karyawan yang pensiun dini untuk modal membuka usaha. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next