6 Profesi Pilihan di Perusahaan Minyak | Qerja

6 Profesi Pilihan di Perusahaan Minyak

Qerja, 4 years ago
6 Profesi Pilihan di Perusahaan Minyak

Bukan rahasia lagi bahwa berkarir di bidang pertambangan memberikan cukup banyak benefit di antaranya gaji yang tinggi dan fasilitas yang memadai. Besarnya gaji seorang pekerja di pertambangan dikarenakan tingkat kesulitan dan risiko yang dihadapi juga lumayan tinggi. Makin berpengalaman si pekerja, makin tinggi pula pendapatannya. 

Salah satu bidang pertambangan yang populer adalah tambang minyak. Jenis hasil tambang yang satu ini cukup banyak ditemukan di Indonesia, bahkan Indonesia mampu menghasilan 800.000 barel minyak perharinya!

Tak heran peluang karir untuk industri yang satu ini cukup terbuka, terutama bagi para lulusan teknik, untuk menekuni setidaknya enam profesi di bawah ini:


1. Ahli Geologi (Geologist)

Ahli Geologi atau geologist adalah mereka yang memiliki keahlian dalam memperlajari bebatuan, prinsip magnetik, formasi bebatuan, tanah, dasar laut, fosil, eksplorasi minyak, gunung berapi, dan lain-lain.

Karena keahliannya itu, seorang ahli geologi bisa menjadi aktor kunci dalam penyedotan minyak dari bumi, karena tanpa bantuan geologist akan sulit menemukan sumber minyak.

Selain mengetahui di mana posisi pengeboran minyak yang paling efisien berdasarkan sifat bebatuan, ahli geologi yang berpengalaman juga bisa menentukan besarnya dana pengeboran.

Untuk menjadi geologist, Anda bisa kuliah di jurusan teknik geologi terlebih dahulu.


2. Petroleum Engineer

Profesi ini menuntut seseorang untuk mampu mengelola properti yang memproduksi minyak dan gas.

Tugas-tugas petroleum engineer misalnya mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja dan profitabilitas, menangani manajemen harian operasi produksi minyak dan gas, termasuk juga mengevaluasi peluang yang dapat memaksimalkan nilai akhir properti yang dipakai.

Untuk bisa berprofesi ini, seseorang harus lulusan teknik perminyakan atau teknik kimia.


3. Field Services Technician

Field Service Technician atau teknisi lapangan bertugas membantu melakukan set-up, pemeliharaan, dan dekonstruksi peralatan yang digunakan dalam operasi pengeboran dan perminyakan.

Selain itu para teknisi lapangan akan menemukan dan mencari solusi hambatan dalam sumur bor, menutup sumur yang tidak aktif, dan juga dapat membuat rekomendasi perubahan kondisi sehingga proses eksplorasi bisa berjalan lancar dan tentu saja aman.

Mereka yang ingin berkarir di profesi ini haruslah lulusan teknik perminyakan yang memang suka bekerja outdoor.


4. Machine Operator



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next