Lima Tips Mendapat Pekerjaan Lewat Media Sosial | Qerja

Lima Tips Mendapat Pekerjaan Lewat Media Sosial

Qerja, 4 years ago
Lima Tips Mendapat Pekerjaan Lewat Media Sosial

Dalam sehari, kira-kira berapa jam yang Anda alokasikan untuk menggunakan media sosial? Dua jam? Tiga? Lebih?Media sosial memang sifatnya lumayan adiktif karena dapat mengakomodasi apa saja yang Anda butuhkan di zaman ini: hiburan, informasi, interaksi sosial, dan lainnya. Namun tahukah Anda bahwa Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membantu memulai bahkan menunjang karier Anda?

Lebih dari sekadar memanfaatkan pesan berantai BBM yang menginformasikan lowongan kerja, tips-tips di bawah ini akan membantu Anda mengeksplorasi media sosial untuk memperbesar peluang mendapat pekerjaan di perusahaan impian Anda.

1. Membangun Profil Menarik

Bicara profil profesional, mungkin Anda langsung terpikir LinkedIn atau Instagram sebagai media portfolio visual Anda di dunia maya. namun media populer lain semacam Facebook dan Twitter juga dapat Anda bentuk untuk menampilkan sisi-sisi profesional Anda, misalnya dengan mencantumkan beberapa kata kunci strategis mengenai industri kerja Anda di kolom ‘Minat’ pada Facebook atau ringkasan pencapaian Anda di profil Twitter.

Anggaplah akun media sosial sebagai perpanjangan dari CV Anda. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dengan citra yang Anda tampilkan, terutama jika Anda membidik lingkungan korporat dengan budaya yang cenderung lebih konvensional.

qc-jkt-2019

2. Jadi Proaktif

Jangan ragu untuk berinteraksi dengan akun-akun pemain dalam industri yang Anda incar. Tapi sebelum Anda membombardir halaman mereka dengan permintaan lowongan kerja, coba ‘dekati’ mereka dengan cara lebih elegan, seperti memberi komentar yang relevan atau pertanyaan cerdas. Anda juga dapat menyematkan hashtag relevan yang akan menarik perhatian perusahaan idaman Anda dan memudahkan rekruiter untuk menemukan laman Anda. Selain itu, website seperti Quora juga dapat Anda manfaatkan untuk berbagi informasi dan ilmu yang mungkin akan menarik perhatian orang-orang tepat. Intinya, Anda ingin membentuk persona online yang akan membuat Anda ‘tampak’ oleh pihak perusahaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next