Lima Tips Mendapat Pekerjaan Lewat Media Sosial | Page 2 | Qerja

Lima Tips Mendapat Pekerjaan Lewat Media Sosial

Qerja, 5 years ago
Lima Tips Mendapat Pekerjaan Lewat Media Sosial

3. Gunakan Sebagai Metode Riset Unik

Konten jejaring sosial sebuah perusahaan atau bisnis umumnya dikurasi untuk merefleksikan budaya dan gaya kerja mereka. Karena itu, daripada hanya membaca profil mereka di Wikipedia, coba ikuti akun jejaring sosial perusahaan idaman Anda untuk mengukur kecocokan terhadap budaya kerja mereka. 

Psst, Anda juga bisa menggunakan riset jenis ini untuk membantu Anda bersinar saat wawancara, loh. Katakanlah perusahaan prospektif Anda sering mengunggah foto outing karyawan. Ketika Anda ditanya alasan Anda memilih perusahaan tersebut, alih-alih memberi jawaban generik ambigu, mungkin Anda bisa menyelipkan informasi tersebut dalam jawaban Anda untuk menunjukkan bahwa Anda telah melakukan persiapan lengkap dan benar-benar antusias ingin bergabung.

4. Jangan Lupa Networking Dari Bawah

Berkenalan dan menjalin komunikasi dengan pegawai di perusahaan impian Anda juga merupakan salah satu metode untuk mendekatkan Anda dengan pekerjaan yang diincar. Perusahaan sering mencantumkan informasi pencarian kandidat pegawai di akun social media mereka, namun tidak semua lowongan akan diiklankan. Selain menambah kontak, mungkin Anda berkesempatan memperoleh info tentang lowongan yang terbuka di perusahaan tersebut.
 
5. Jadi Diri Sendiri Dengan Hati-Hati

Salah satu faktor pertimbangan perusahaan untuk merekrut Anda adalah jika kepribadian Anda dirasa cocok untuk bekerja sama dengan mereka. Anda tentu tidak perlu sampai memecah persona pribadi dan profesional Anda saat menjalani pencarian kerja melalui social media, apalagi sampai berpura-pura atau menciptakan persona palsu. Biarkan kepribadian Anda tampak dari karya dan profil di halaman akun Anda.

Walau begitu, jika Anda memilih untuk menggunakan akun pribadi untuk berinteraksi dengan akun resmi perusahaan atau individu profesional, Anda juga perlu cermat memilah isi akun Anda, terlebih yang bersangkutan dengan etika dan moral, untuk menghindari risiko membuat pihak perusahaan keburu ilfeel saat menelusuri halaman media sosial Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next